Artis K-Pop Lain Kuliah, Kenapa IU Tidak? IU (Foto: Instagram/dlwlrma)

HAMPIR semua penyanyi K-Pop ternama masuk kuliah di usia 18 tahun. Di Korea, latar belakang pendidikan seseorang sangatlah penting. Para penyanyi muda Korea yang berkuliah hanyalah bukti kecil dari betapa pentingnya status pendidikan di negeri ginseng ini.

Beberapa dari mereka melakukan yang terbaik untuk lulus kuliah, tetapi ada pula yang menjadi mahasiswa "nakal". Mereka tidak dapat menghadiri kelas karena jadwal yang padat. Satu di antara mereka adalah Lee Ji Eun, atau populer dengan nama panggung IU.

IU tidak dapat mengikuti perkuliahan bahkan meski ia menginginkannya. Penyanyi kelahiran 1993 itu telah menjadi bintang terkenal sejak 18 tahun. Padahal, kampus-kampus Korea banyak yang berharap bisa menerima artis ternama, untuk mempromosikan nama mereka juga. Walau demikian, IU menolak untuk diterima oleh kampus manapun.

Lalu mengapa IU membuang kesempatan itu? Pada dasarnya, dia tidak kuliah karena dia pikir tidak perlu. Namun, bukan itu saja yang diutarakannya. Simak penjelasannya berikut ini, seperti diberitakan Kpop Behind.

"Aku tidak merasa percaya diri mengambil Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi karena aku tidak bisa belajar di SMA akibat jadwalku yang padat. Aku kurang bagus di SMA. Dan tidak ada yang ingin aku pelajari di perguruan tinggi. Bahkan jika aku diterima di perguruan tinggi, aku tidak dapat menghadiri kelas-kelasku.

Pikirkanlah. Aku tidak dapat menghadiri kelas saat aku masih SMA. Apa menurutmu aku dapat menghadiri kelas saat kuliah? Tidak. Aku pikir ini buang-buang waktu.

Sebenarnya, ibuku ingin aku kuliah karena dia tidak kuliah. Dia tidak dapat karena tidak punya cukup uang. Tapi, aku berjanji kepadanya aku akan berusaha lebih keras dari mereka yang kuliah. Aku janji akan belajar giat tentang musik, dan ia memahamiku."

Menutup penjelasan panjangnya, pelantun lagu "Palette" ini pun menegaskan kembali alasan sesungguhnya ia tidak kuliah. "Aku tidak kuliah karena aku bukan murid yang baik dan aku merasa tidak yakin dapat menghadiri kelas-kelas kuliahku," pungkasnya. (*)

Baca juga berita tentang artis Korea lainnya di sini: Seminggu Jalani Wamil, Bagaimana Keadaan Ji Chang Wook?


Tags Artikel Ini

Asty TC