Artis Jadi Rebutan Parpol Duduki Wagub di Pilkada DKI

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 22 Februari 2021
Artis Jadi Rebutan Parpol Duduki Wagub di Pilkada DKI
Ilustrasi surat suara. ANTARA/HO

MerahPutih.com - Selebritis akan menjadi rebutan partai politik (parpol) untuk dipertarungkan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI sebagai wakil gubernur (wagub).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin mengatakan, figur publik bakal digunakan parpol sebagai pendulang suara. Pasalnya, mereka sudah dikenal oleh masyarakat dan wajahnya familiar, walaupun belum tentu menghasilkan kemenangan.

"Artis-artis yang muncul biasanya dipasangkan jadi wagub," kata Ujang saat dikonfirmasi Merahputih.com, pada Senin (22/2).

Baca Juga:

Anies Disarankan Maju Pilgub DKI Lewat Jalur Independen

Ujang pun memprediksi, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria bakal pecah kongsi jika pilkada digelar pada 2024. Mereka masing-masing akan maju mencalonkan diri menjadi orang nomor satu di DKI.

Bila keduanya ngotot bertarung sebagai gubernur, maka mereka harus mencari tokoh yang cocok membantunya sebagai Wagub DKI.

"Mereka Guberbur dan Wagub DKI kan berakhir di 2022. Sedangkan pilkada masih jauh masih 2 tahun lagi. Jadi di tengah jalan mereka bisa saja jalan masing-masing," papar dia.

Gubernur Anies Baswedan (kanan) dan Wagub Riza Patria (kiri) meninjau mesin pompa di Rawa Buaya, Jakarta Barat, Senin (22/2/2021). (ANTARA/HO/Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur Anies Baswedan (kanan) dan Wagub Riza Patria (kiri) meninjau mesin pompa di Rawa Buaya, Jakarta Barat, Senin (22/2/2021). (ANTARA/HO/Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Dalam kontestasi pilkada nanti, Riza mempunyai kendaraan politik sendiri dari Partai Gerindra. Tinggal mencari wakil dan mencari dukungan partai lain.

Sedangkan Anies, kata dia, bakal mencari partai politik untuk kembali menduduki kursi empuk jabatan gubernur.

"Wagub tinggal dicari yang cocok," papar dia.

Baca Juga:

Ini 9 Kader Demokrat yang Siap Bertarung di Pilgub DKI

Ujang mengatakan, pasti akan ada banyak pasangan colon Pilkada DKI kalau digelar 2024. PDIP tidak akan mau menjadi penonton atau hanya mencalonkan wagub. Sebab, partai berlambang moncong putih itu sebagai sebagai partai pemenang di DKI bahkan nasional.

"Tentu PDIP tak akan mau (posisi wagub). PDIP partai pemenang pemilu di DKI Jakarta tak akan mau jadi wagub," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

PKB Timang Raffi Ahmad dan Agnes Monica di Pilgub DKI

#Pilkada Dki #Anies Baswedan #Artis
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan