Artificial Intelligence Digunakan di Dua Pasar di Sidoarjo AI di pasar di Sidoarjo memantau berjalannya protokol kesehatan. (Foto: Unsplash/Anastasiia Chepinska)

MEMASUKI babak new normal, kini Sidoarjo menerapkan protokol kesehatan dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) di Pasar Gedangan dan Pasar Taman Sidoarjo.

Bahkan, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mengapresiasi dukungan Pemkab Sidoarjo atas pemakaian kecerdasan buatan tersebut.

Baca Juga:

Tingkat Daya Saing, Anak Muda Diharapkan Kuasai Artificial Intelligence

AI
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistia to Dardak saat sidak menyaksikan Artificial Inteligence (AI) di Pasar Gedangan dan Pasar Taman Sidoarjo, Kamis (02/07). (Foto: Istimewa)

Emil menyampaikan, penggunaan teknologi AI di pasar ini akan mampu meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan pedagang juga pembeli saat penerapan protokol kesehatan.

“Untuk pilot project kali ini, kita akan coba untuk mendeteksi penggunaan masker dulu. Saya berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang diwakilkan Plt Bupati Sidoarjo, Pak Nur Ahmad Syaifuddin pada proses persiapan sekaligus uji coba pemanfaatan AI,” ungkap Emil di Sidoarjo, Kamis (02/07).

Baca Juga:

Ketika Robot Artificial Intelligence Jadi Peran Utama dalam Film

masker
Menjaga agar penyebaran COVID-19 terputus. (Foto: Pixabay/OrnaW)

Sidoarjo telah melewati masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Untuk itu, perlu ada nilai yang bisa diterapkan, diantaranya upaya bersama guna memutus penyebaran COVID-19.

“Pemanfaatan AI ini juga harus terus diimbangi upaya kolektif bersama untuk saling mengingatkan sesama warga tentunya,”pungkas Emil. (Andika Eldon/Surabaya)

Baca Juga:

Artificial Intelligence Ancam Peradaban Manusia?


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH