AICI Artificial Intellegence Buatan Indonesia Program AICI fokus pada pendidikan dan penelitian tentang AICI (Foto: Unsplash/Franck V)

MEMASUKI kuartal II 2020, UMG Idelab fokus pada perkembangan kecerdasan buatan atau AI. Hal ini ditunjukkan melalui finalisasi program belajar AICI (Artificial Intelligent Center Indonesia) dan peluncuran Widya Wicara Prima, speaker pintar berbahasa Indonesia karya anak bangsa yang menggunakan teknologi AI.

Berita pers yang diterima merahputih.com menuliskan saat ini UMG Idealab tengah merampungkan modul kurikulum dan finalisasi perekrutan tutor bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk menarik minat mengikuti kelas pelatihan AI, sosialisasi giat dilakukan kepada sekolah serta asosiasi guru negeri dan swasta di Kota Depok.

Baca juga:

Kenali Konsep Mobil Terbang Terbaru dari Embraer

Berlokasi di Fakultas MIPA Universitas Indonesia, pusat belajar dan laboratorium AICI berfokus pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang AI. Laboratorium ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan penelitian oleh dosen dan mahasiswa. Lab ini juga akan diperkenalkan ke siswa SD, SMP, dan SMA.

AICI berlokasi di Fakultas MIPA Universitas Indonesia (Foto: Istimewa)

Menurut keterangan Kementerian Riset & Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/ BRIN), saat ini Pemerintah tengah merampungkan Strategi Nasional Pengembangan AI. Di dalamnya, berisi roadmap penggunaan AI di sektor lain dalam lima tahun ke depan.

Beberapa sektor prioritas dalam penerapan AI adalah layanan publik, pendidikan, kesehatan, makanan dan biotek, finansial, pertahanan, dan pariwisata. Sementara, sektor yang sudah menerapkan AI saat ini adalah pajak dan keuangan. Hal ini menunjukkan kebutuhan AI di Indonesia akan semakin bertambah di masa mendatang.

Baca juga:

The New Razer Blade Pro 17, Laptop Pas untuk Pencinta Gim dan Pekerja Seni

Teknologi AI sangat diperlukan untuk menghadapi Industri 4.0 (Foto: Istimewa)

"AICI berkomitmen penuh untuk edukasi AI. Saya meyakini bahwa ke depannya semua kegiatan manusia akan berhubungan dengan AI. Apalagi, AI merupakan salah satu teknologi utama yang akan mendukung implementasi Industri 4.0," ujar Founder UMG Idealab, Kiwi Aliwarga.

Rencananya, AICI akan membuka kelas perdana di bulan Juni 2020. Namun, Kiwi tak menampik adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi timeline kegiatan mengajar. Meski demikian, ia menjelaskan kemungkinan diadakannya kelas online melalui pendaftaran di website AICI http://aici-umg.com. (ikh)

Baca juga:

Package Manager Microsoft, Berbasis Command Prompt Layaknya Linux

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH