Arti Nasionalisme di Mata Desainer Vera Anggraini Vera Anggraini memaknai Hari Kemerdekaan dengan kreativitas budaya. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

SETIAP orang tentunya memiliki pandangan yang berbeda-bedaterkait nasionalisme. Begitu juga dengan salah satu desainer ternama tanah air yaitu Vera Anggraini.

Wanita kelahiran Medan, 25 Oktober 1974 ini mempunyai pendapat tentang nasionalisme. Bagi Vera Nasionalisme ialah dapat mencintai melestarikan budaya sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Vera saat ditemui merahputih.com pada konfrensi pers Merajut Nusantara di Hotel Raffles Jakarta, Senin (13/8).

"Menurut saya, nasionalisme itu gimana caranya kita melestarikan dan tetap mencintai keragaman budaya dan tetap bangga menjadi Indonesia" ucap Vera.

Vera Anggraini, mencintai kebudayaan sama dengan nasionalisme. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamengala)

Tak hanya itu, desainer yang telah merancang baju untuk para orang-orang ternama tanah air seperti Annisa Yudhoyono, Kahiyang Ayu, Raisa Andriana, Raline Shah dan beberapa selebritas lainnya, menambahkan, jika salah satu memaknai nasionalisme ialah menggelar kegiatan Merajut Nusantara. Gelaran ini menampilkan budaya pernikahan tradisional dari seluruh penjuru tanah air.

"Memaknainya seperti di tanggal 15 Agustus 2018, semua suku dan budaya bersatu dalam satu panggung. Itu cara saya sebagai pekerja seni gimana kita bersatu disitu kita merajut nusantara," tambahnya.

Disamping itu, pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Vera pun tak lupa menyampaikan arti kemerdekaan menurutnya. Desainer yang telah berkiprah selama 15 tahun dibidang fesyen tersebut pun menjawabnya dengan singkat namun penuh makna.

"Merdeka itu kita mengekspresikan diri. Merdeka itu kita menjadi bangsa yang mandiri!" tutupnya. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Ragam Manfaat Gula Merah untuk Kecantikan

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala