Pilpres 2019

Arti Baju Putih yang Dikenakan Jokowi-Ma'ruf, Begini Penjelasan TKN

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 26 Maret 2019
 Arti Baju Putih yang Dikenakan Jokowi-Ma'ruf, Begini Penjelasan TKN
Sekretaris TKN Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Hasto Kristiyanto. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.Com - Selama melakoni kampanye akbar ada yang berbeda dalam penampilan pasangan Jokowi-Ma'ruf. Keduanya kompak mengenakan baju putih.

Penampilan Jokowi-Ma'ruf memakai pakaian khususnya baju berwarna putih terlihat saat Jokowi berkampanye di Jawa Timur dan ketika Kiai Ma'ruf menggelar temu relawan dan warga di Lebak, Banten.

Apa makna warna putih yang diusung pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019?

Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa simbol dan arti warna putih sebagai spirit kubunya yang selalu mengedepankan politik kebenaran.

Menurut Hasto, desain foto berseragam putih sebagaimana terdapat dalam gambar Jokowi-KH Ma'ruf Amin di kertas suara, yang secara kontras berhadapan dengan jas hitam Prabowo-Sandi, bukanlah kebetulan.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf
Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin. ANTARA FOTO

"Putih adalah cermin kebersihan nurani yang menyebabkan alam pikir berkreasi dan berdaya cipta dengan segala sesuatu hal yang baik. Sebaliknya, hitam adalah simbol politik hoax, politik fitnah, yang selama ini selalu menyerang Jokowi-KH Ma'ruf Amin", ujar Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (26/3).

Hasto melanjutkan, putih adalah cermin politik berkeadaban, antitesa politik hoax dan fitnah yang berwarna hitam.

Atas dasar kontrasting warna tersebut, maka sangat tepat ketika di dalam setiap kampanye, Jokowi selalu menegaskan bahwa Putih adalah Kita.

"Putih adalah Kita kini semakin bergaung nyaring sebagai kekuatan moral melawan politik hitam. Kami akan berjuang dengan sepenuh hati melalui kekuatan moral politik putih ini," terang dia.

Hasto mengatakan, atas seruan Jokowi tersebut maka setiap Regu Penggerak Pemilih (Guraklih) dan saksi serta seluruh simpatisan dan pendukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin diserukan untuk terus bergerak dengan baju putih ala Jokowi dan putih ulama seperti KH Ma'ruf Amin.

"Putih tidak bisa dipakai oleh orang yang berkelakuan hitam. Apa itu kelakuan hitam? Fitnah, bicara tanpa budi pekerti, hoax dan berbagai bentuk racun peradaban yang anti kemanusiaan," jelas dia.

Hasto menegaskan, tim Jokowi-KH Maruf Amin semakin yakin terhadap jalan kebenaran politik yang ditempuh.

"Tak heran hampir sebagian besar lembaga survey yang kredibel selalu unggulkan pemimpin yang selama ini diam dalam kepungan serangan fitnah. Satyam Eva Jayate, Putih adalah kita," tutup Hasto.(Knu)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Masyarakat Diimbau Tenang, Kepala BMKG Sebut Equinox Hanya Fenomena Alam Biasa

#Presiden Jokowi #Hasto Kristiyanto #Kampanye Akbar #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan