Artefak Bernilai Miliaran Rupiah Dicuri dari Kastel Arundel Inggris

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 27 Mei 2021
Artefak Bernilai Miliaran Rupiah Dicuri dari Kastel Arundel Inggris
Artefak berharga dari Kastel Arundel dicuri. (Foto: Arundel Castle)

PERAMPOKAN rumah mungkin sebuah hal yang biasa, namun bagaimana dengan pencurian di istana bangsawan Inggris? Berabad-abad lalu, menyerbu kastel biasanya dianggap sebagai tindakan perang, sebuah upaya penjarahan maupun perebutan kekuasaan.

Saat ini orang yang masuk ke istana hanyalah turis yang bertujuan untuk mengabadikan bangunan bersejarah itu dengan kameranya. Pada Jumat (21/5), seseorang keluar dari Kastel Arundel bukan sebagai wisatawan, melainkan pencuri sejumlah artefak berharga.

Baca juga:

Kalung Mutiara Mewah Kate Middleton di Upacara Pemakaman Pangeran Philip

Mengutip laman The Guardian, staf Kastel Arundel di West Sussex, Inggris mengetahui adanya pembobolan pada pukul 22:30 waktu setempat. Setelah alarm pencuri berbunyi, polisi segera dikirim ke tempat kejadian.

Sayang, sang pencuri berhasil melarikan diri. Satu-satunya petunjuk yang didapatkan pihak kepolisian adalah mobil terbakar yang ditemukan di dekat lokasi yang diduga terlibat dalam insiden tersebut.

Artefak Bernilai Miliaran Rupiah Dicuri dari Kastel Arundel Inggris
Artefak senilai lebih dari Rp 20 miliar dicuri dari Kastel Arundel Inggris. (Foto: Arundel Castle)

Ia mengambil beberapa artefak senilai lebih dari USD 1,4 juta (Rp 20 miliar), termasuk set rosaria emas tak tergantikan yang dibawa Mary, Ratu Skotlandia ketika ia dipenggal karena pengkhianatan pada tahun 1587 silam.

Sementara barang-barang lain yang diambil dari kediaman Duke of Norfolk dan keturunannya selama 850 tahun itu adalah piala penobatan yang diberikan oleh Mary kepada Earl Marshal, serta barang-barang yang terbuat dari emas dan perak.

Artefak ini diambil dari lemari pajangan di bagian kastil yang memang dibuka untuk umum sehingga sepertinya memudahkan pencuri untuk mengambilnya.

"Barang-barang yang dicuri memiliki nilai uang yang signifikan, tetapi sebagai bagian artefak unik dari koleksi Duke of Norfolk memiliki kepentingan sejarah yang jauh lebih besar dan tak ternilai," ungkap juru bicara Kastel Arundel.

Baca juga:

Peti Mati Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Berlapis Timah, Ada Alasannya

Artefak Bernilai Miliaran Rupiah Dicuri dari Kastel Arundel Inggris
Rosario yang dicuri merupakan warisan bangsa yang sangat bernilai. (Foto: Arundel Castle)

Polisi menyebutkan rosario itu mungkin memiliki nilai intrinsik kecil, tetapi tidak tergantikan karena merupakan warisan bangsa. Oleh sebab itu, aparat mendesak siapa pun yang memiliki informasi mengenai pencurian ini untuk melapor ke polisi agar bisa mengembalikan harta tersebut ke tempat asalnya.

Berdasarkan informasi dari situs resminya, kastel ini dibangun pada akhir abad ke-11 oleh Roger de Montgomery, Earl of Arundel. Sejarahnya yang kental dapat terlihat dari simpnan koleksi impresif dari abad ke-16. Mulai dari permadani, jam, serta potret populer. Selain rosario berharga yang dicuri, ada pula barang-barang pribadi milik Ratu Skotlandia dan Duke of Norfolk. (sam)

Baca juga:

Harga Perhiasan Putri Disney Jika Benar Ada di Dunia Nyata

#Kerajaan Inggris #Artefak
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan