Art Jakarta 2023 Siap Digelar di JIEXPO, Catat Tanggalnya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 31 Oktober 2023
Art Jakarta 2023 Siap Digelar di JIEXPO, Catat Tanggalnya
Art Jakarta 2023 siap digelar pada pertengahan November. (Foto: merahputih.com/Zulthan Vigilio)

PAMERAN seni rupa terbesar se-Indonesia, Art Jakarta, kembali akan digelar pada 17 - 19 November 2023. Art Jakarta yang ada sejak 2009 ini, akan hadir dengan wajah baru. Gelaran tahun ini akan diselenggarakan di lokasi yang berbeda, tepatnya di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat.

Nantinya Art Jakarta akan menempati area gabungan Hall B3 dan C3, dengan luas ruangan sekitar 10 ribu meter persegi.

“Tempat yang baru ini memungkinkan kami menghadirkan banyak koleksi karena ruang hall yang lebih besar untuk Art Jakarta tahun ini,” ujar Director Artistik Art Jakarta Enin Supriyanti dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Graha Bimasena, Jakarta Selatan, Selasa (31/10).

Baca juga:

Jakarta Art Hub, Cocok untuk Gallery Date

Enin mengungkapkan gelaran Art Jakarta 2023 berbeda dengan Art Fair pada umumnya. (Foto: merahputih.com/Zulthan Vigilio)

Lebih lanjut Enin juga membeberkan alasan Art Jakarta tahun ini pindah ke lokasi berbeda. “Alasannya singkatnya sebenarnya tempat yang biasa kita gunakan (Senayan JCC), sedang dibersihkan untuk acara KTT Asean. Sehingga jadwal kami dianggap bertabrakan, mau tidak mau kita harus cari lokasi yang lain, JIEXPO lah jadi lokasi yang pas karena secara ukuran juga sangat besar. Saya juga berharap dengan venue yang baru ini pengunjung bisa lebih mengeksplor setiap sudut hall,” terangnya.

Dengan lokasi yang lebih besar, Art Jakarta 2023 akan menghadirkan area pameran yang lebih luas, mencakup lebih banyak ekshibitor dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini total ada 68 galeri yang hadir, 40 dari Indonesia dan 28 galeri dari mancanegara. Galeri mancanegara yang datang termasuk dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia.

Event pameran seni rupa Art Jakarta juga didukung oleh beberapa mitra dari latar belakang industri yang berbeda. seperti perbankan, aplikasi investasi digital, bahkan institusi yang bergerak dalam sektor wealth management. Namun, dalam rangkaian event Art Jakarta 2023 para mitra juga akan mempertunjukkan karya seni yang berkolaborasi dengan para seniman lokal.

“Kami sangat beruntung rekanan kami setia dan makin banyak. Di luar itu kami juga mewajibkan para mitra membuat projek karya seni yang spesifik buat Art Jakarta,” sambung Enin.

Baca juga:

ArtScience Museum Hadirkan Fiksi Ilmiah Karya Perempuan Asia

View this post on Instagram

A post shared by Art Jakarta (@artjakarta)

Perbedaan yang mencolok dari Art Jakarta dengan event seni lainnya, yaitu program-program yang diusung. Program tersebut dibagi menjadi tiga yaitu Gallery, Spot, Play, Scene.

Masing-masing program tentu memiliki perbedaan. Program 'Galeri' menyajikan beberapa rangkaian karya seni dari Indonesia maupun mancanegara. Kemudian, program 'Spot' menyajikan beragam instalasi yang dari para penggiat seni. Sementara, program Play dirancang khusus untuk menyediakan area bermain anak untuk mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi.

Terakhir program 'Scene', menjadi segmen spesial para seniman baru untuk berjejaring dengan sesama seniman, kurator, dan kolektor. Lalu program ini juga sebagai sarana unjuk gigi karya yang telah digarapnya.

“Dari banyaknya art fair yang ada di Indonesia, hanya Art Jakarta yang memiliki program ‘Scene’. Program ini hanya boleh diikuti para kelompok dan pelaku seni untuk menunjukkan karya dan bertemu dengan pasarnya,” tukas Enin. (zvw)

Baca juga:

Pameran ART SG Tampilkan 115 Galeri Seni dari 33 Negara

#Seni Rupa #Pameran Seni
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan