Arsip Nasional RI Berikan Penghargaan Kepada 103 Pemangku Kebijakan Pemerintah Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan pada Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dibidang kearsipan di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Sebanyak 23 Kementerian dan 90 pemangku kebijakan lainnya, menerima penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penghargaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RAB) Tjahjo Kumolo, di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/2).

Plt Kepala Arsip Nasional RI M Taufik mengatakan sebanyak 23 Kementerian memperoleh penghargaan dengan kategori AA sangat muaskan hingga kategori A atau memuaskan. Kemudian ada enam provinsi memperoleh penghargaan dengan kategori sangat baik, yakni, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Yogyakarta.

Baca Juga:

Belajar Sejarah di Arsip Nasional Membuat Betah

"Penghargaan ini kami harapkan bisa mendorong mereka (kepala daerah dan kementerian) untuk bekerja lebih baik di masa mendatang," ujar Taufik.

Arsip Nasional Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemda seluruh Indonesia di Solo
MenPAN RB Tjahjo Kumolo bersama Plt Kepala ANRI saat menghadiri penghargaan ANRI kepada pemangku pemerintahan di Solo, Rabu (26/2) (MP/Ismial)

Taufik mengatakan peran kearsipan sangat penting dalam suatu pemerintahan. Dengan data kearsipan tersebut tidak ada lagi aset milik pemerintah daerah atau kementerian pindah ke pihak ketiga.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo menekankan pentingnya kearsipan. Terkait data kependudukan, data kepegawaian, aset negara dan aset pemerintah daerah lainnya. Dari zaman revolusi hingga reformasi, semua harus diselesaikan.

"Saya ambil contoh tanah Sriwedari dan Benteng Vastenburg di Solo sudah jelas statusnya sekarang. Di Jawa Tengah pengarsipan sudah menyasar sampai batas antar desa," kata Tjahjo.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI, Hartono Laras mengaku senang mendapatkan predikat memuaskan dalam penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut diharapkan bisa memacu kinerja para pegawai agar lebih baik dan menjadi nomor satu di masa depan.

Baca Juga:

Dokumen Penting Kena Banjir? ANRI Beri Layanan Restorasi Arsip Gratis

"Arsip dinilai sebagai sumber ingatan yang sangat penting sebagai dasar pengambilan keputusan dengan cepat. Alhamdulillah tahun 2018 kita mendapatkan penilaian yang 76,20. Dan akhirnya melompat, tahun 2019 ini langsung kategori memuaskan dengan nilai 89,22," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Membongkar 3 Dokumen Supersemar Koleksi ANRI, Asli atau Palsu?



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH