Aroma Lavender Lebih Aman Dibandingkan Obat Penenang Aroma lavender bisa merelaksasi (Foto: Pixabay/Free-Photos)

KARENA harum, aroma lavender kerap digunakan dalam sabun mandi, pelembut pakaian atau pengharum ruangan karena membuat rileks. Faktanya, hal itu memang benar dan sudah dikonfirmasi oleh para ilmuan Jepang.

Di lansir dari Dailymail, Rabu (24/10) mereka menemukan kalau tikus yang terpapar aroma lavender menjadi tidak begitu cemas. Bahkan ditemukan juga kalau aroma dari tumbuhan berwarna ungu itu bisa sebagai alternatif obat penenang.

perkebunan lavender (Pixabay/Hans)
Perkebunan bunga lavender (Foto: Pixabay/Hans)

Aroma lavender bisa dipakai menenangkan pasien sebelum operasi atau mereka yang susah minum obat seperti anak-anak atau lansia. Hebatnya lavender lebih aman dibandingkan obat penenang.

Seperti yang diketahui Benzodiazepin salah satu obat penenang memiliki efek samping termasuk masalah ingatan, pertumbuhan payudara pria dan bahkan cacat lahir.

Baca juga: Berwisata kuliner tapi Berat Badan Tetap Stabil? Tentu Bisa

Baca juga: Awas, Kesalahan Penjadwalan Melancong Bisa Bikin Dipecat

Baca juga: Rambut Kering Harus Tetap Dirawat Saat Melancong

"Dalam pengobatan tradisional, telah lama dipercaya bahwa senyawa aroma berasal dari ekstrak tumbuhan yang dapat meredakan kecemasan. Seperti dalam penelitian sebelumnya, kami menemukan bahwa aroma linalool memiliki efek anxiolytic (anti-kecemasan) pada tikus normal," ungkap salah satu penulis Dr. Hideki Kashiwadani.

Sabun dengan aroma lavender (Pixabay/silviarita)
Sabun dengan aroma lavender (Foto: Pixabay/silviarita)

Relaksasi yang dihasilkan oleh lavender karena adanya senyawa linalool. Pada percobaan dengan tikus, senyawa tersebut memberikan efek relax dan mengaktifkan neuron pada penciuman di hidung.

"Temuan ini mendekatkan diri pada fungsi linalool untuk mengurangi kecemasan. Misalnya, saat pembedahan, sebelum perawatan dengan anxiolytic yang dapat meringankan stres sebelum operasi dan memperlancar anastesi," sebutnya. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH