Kpop
ARMY Militan Versus ARMY Santuy Berbeda-Beda Tetap BTS Jua Seberapa ARMY elo? (Sumber: Cancam)

TIDAK dapat dipungkiri popularitas BTS begitu mendunia. Pelbagai penghargaan musik skala internasional, termasuk empat penghargaan Billboard Music Award berhasil diraih RM dan kawan-kawan. Mereka bahkan mengalahkan musisi top dunia, seperti Justin Bieber, Charlie Puth, hingga The Weeknd.

Baca:

Annyeong! Biar ARMY Aku Tetap Cinta Produk Dalam Negeri

Pesona mereka pun turut meluas di tanah air. Begitu banyak orang mengidolakan mereka, mulai dari remaja hingga usia dewasa. Sebenarnya apa sih faktor membuat grup dengan nama lain Bangtan Boys tersebut begitu dielukan?

Berdasarkan jajak pendapat Jakpat bertajuk Get Closer to BTS Army, sebanyak 82% penggemar +62 menyukai lagu mereka. Sementara 62% menyukai aksi panggung, 60% menyukai suara, dan 57% menyukai wajah mereka. Tidak hanya 'jual' lagu dan penampilan saja, para penggemar juga menyukai kepribadian dari para member karena terlihat ramah dan hangat saat berinteraksi dengan penggemar.

BTS
Penampilan memukau BTS di Billboard (Sumber: E News)

Layaknya Kpopers lain, para ARMY (sebutan penggemar BTS) Indonesia juga suka mantengin sosial media untuk lihat update dari sang idola. Sebanyak 81% memanfaatkan Instagram untuk mengikuti konten seputar BTS. Sementara 77% lainnya mengikuti konten melalui Youtube, 52% TikTok, dan 50% Facebook.

Uniknya, meskipun jumlah ARMY di Indonesia tidak terhitung lagi, mereka terbagi atas dua kubu loh! Ada ARMY militan versus ARMY santuy. Di dalam surveinya, Jakpat mecoba memetakan beda ARMY militan dan ARMY santuy. Apa sih bedanya?

Baca:

Kebiasaan Usang di Negeri +62 Razia Kondom Saat Valentine, Padahal Data Menunjukkan…

ARMY militan tidak hanya scroll sosial media untuk kepoin konten tentang BTS. Mereka juga royal banget untuk beli segala merchandise idolanya, serta beli tiket konser. Mau tahu contoh dari dahsyatnya pengaruh para ARMY militan? Antrean super panjang di McDonalds beberapa waktu lalu saat makanan cepat saji tersebut berkolaborasi dengan BTS.

Semua gerai McDonalds di seluruh pelosok Indonesia kewalahan menangani pemesanan para ARMY nan membludak. Antrean panjang sudah terjadi sejak pagi demi mendapatkan meals edisi BTS loh!

Enggak cuma merchandise spesial BTS aja laku keras. Produk-produk pernah mereka pakai juga mendadak digila-gilai para ARMY militan. Mulai dari wine, pelembut pakaian, hingga sikat gigi dipakai para member pun mendadak laku keras! Salah satu produk susu asal Indonesia, Indomilk Banana Milk juga kecipratan hoki loh gara-gara diminum sama Jungkook.

Jungkook
Produk Indonesia favorit Jungkook (Sumber: Tokopedia)

Lain ARMY militan lain lagi ARMY santuy. Apasih bedanya ARMY militan dan ARMY santuy? ARMY santuy biasanya enggak seekstrem para ARMY militan. Mereka mungkin mendengarkan lagu, mengikuti konten, atau membeli produk berkaitan dengan BTS, tetapi semua dilakukan dengan wajar. Ada masa mereka justru tidak membeli produk berkaitan dengan BTS.

Sebagai perbandingan, sebanyak 46% ARMY militan membeli merchandise original BTS sementara hanya 15% ARMY santuy membeli merchandise original. Sebanyak 38% ARMY militan memakai barang digunakan member BTS, sementara hanya 11% ARMY santuy memakai produk serupa dengan member BTS. Sebanyak 42% ARMY militan membeli album BTS dan hanya 16% ARMY santuy membeli album BTS.

Adapun untuk konten, sebanyak 81% ARMY militan mengikuti konten dan 83% ARMY santuy mendengarkan. Sekitar 80% ARMY militan mengikuti akun sosial media resmi milik BTS dan 42% dari ARMY santuy mengikuti akun sosial media resmi BTS. Sebanyak 63% ARMY militan menonton variety show menampilkan BTS dan hanya 36% dari ARMY santuy rutin mengikuti variety show seputar BTS.

Dari hasil tersebut, perbedaan mencolok antara ARMY militan dan ARMY santuy tampak ketika berhubungan dengan cuan. Sementara saat menunjukkan cinta lewat konten dan lagu BTS, kedua ARMY tidak menampakan perbedaan terlalu jauh.

Bahkan jumlah ARMY santuy mendengarkan lagu-lagu BTS jauh lebih besar dibandingkan ARMY militan. Ada banyak hal bisa jadi latarbelakang mengapa hal tesebur terjadi, mulai dari penggemar BTS didominasi usia sekolah (sehingga tidak punya cukup banyak uang untuk membeli merchandise BTS) atau mungkin mereka punya prioritas lain untuk dibeli.

Meskipun berbeda pilihan, semua cinta dan dukungan diberikan para kedua ARMY akan tetap membuat BTS kuat di tangga popularitas. (Avia)

Baca:

Gawe Wedding Usung Semangat Mencintai Tradisi Saat Mengikat Ikrar Suci

l
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bangga, Musisi Muda Indonesia Meriahkan Panggung Coachella 2022
ShowBiz
Hajatan Jelajahin Livin Sanur Fest 2022 Siap Dongkrak Wisata Pulau Dewata
Hiburan & Gaya Hidup
Hajatan Jelajahin Livin Sanur Fest 2022 Siap Dongkrak Wisata Pulau Dewata

Hajatan Jelajahin Livin Sanur Fest 2022 ditargetkan menggaet 12 ribu penonton

Bergelimang Harta, Selebriti Dunia Ini Punya Hati Emas
ShowBiz
Investree Catat Kenaikan Lender Perempuan Sebesar 55 Persen
Fun
Investree Catat Kenaikan Lender Perempuan Sebesar 55 Persen

Terdapat 2.948 lender perempuan yang aktif mendanai berbagai macam produk pendanaan.

3 Cara Mengatasi Suami yang Marah
Fun
3 Cara Mengatasi Suami yang Marah

Setiap orang memiliki cara tersendiri ketika meluapkan kemarahanya.

Intip Hasil Kualifikasi Babak Final MLBB Regional Asia
Fun
Intip Hasil Kualifikasi Babak Final MLBB Regional Asia

Babak Final MLBB Regional Asia penuh dengan keseruan.

Ini Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal Dibanding Konvensional
Fun
Ini Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal Dibanding Konvensional

Kementerian Perindustrian menjelaskan soal faktor yang menjadi penyebab harga mobil listrik lebih mahal dibanding mobil konvensional.

Fireboy DML dan Ed Sheeran Berkolaborasi untuk Single 'Peru' Versi Remix
ShowBiz
Fireboy DML dan Ed Sheeran Berkolaborasi untuk Single 'Peru' Versi Remix

Versi asli Peru telah menjadi nomor yang berhasil menduduki chart Afrobeat di berbagai negara.

Jenis Anjing Ras ini Punya Rata-Rata Usia Paling Panjang
Fun
Jenis Anjing Ras ini Punya Rata-Rata Usia Paling Panjang

Ras anjing mana yang memiliki rata-rata harapan hidup paling lama?

Ingin Fokus pada Kesehatan, Boy Pablo Batal Konser di Indonesia
ShowBiz
Ingin Fokus pada Kesehatan, Boy Pablo Batal Konser di Indonesia

pembatalan konser karena masalah kesehatan yang sudah dideritanya sejak musim panas lalu