Armand Maulana Bicara Soal Royalti Musik Armand Maulana komentari soal royalti musik. (Foto: Instagram/armandmaulana04)

MENURUT Armand Maulana, selain tarif royalti yang masih sangat rendah di Indonesia, ada beberapa pihak yang belum teredukasi tentang royalti dan tidak usah membayar royalti.

“Iya (tarif royalti rendah). Sudah rendah, terus juga masih banyak beberapa pihak yang harusnya membayar royalti, masih belum ‘ngeh’. Masih belum melek bahwa (pembayaran) royalti tu harus dijalankan,” kata Armand saat dihubungi ANTARA, Jumat malam (11/3).

Baca juga:

3 Musisi Kulit Hitam yang Mampu Mengambil Alih Industri Musik

“Susahnya tuh, kita sudah terbuai, sudah tertidur terlalu lama bahwa sebuah karya, bukan hanya musik, sebuah karya itu kan ada royalti. Ada harganya, ada nilainya,” tambahnya.

Tarif royakti dianggap terlalu kecil. (Foto: Instagram/Armandmaulana04)
Tarif royalti dianggap terlalu kecil. (Foto: Instagram/Armandmaulana04)

Meski begitu, aturan membayar royalti saat ini lebih baik dibandingkan era 1970an dan 1980an, meskipun belum sempurna. Ia pun berharap aturan ini bisa ditegakan kepada siapa saja tanpa pandang bulu.

“Tapi kalau dibanding tahun 70an 80an sih jauh lah. Memang sudah lebih mendingan sekarang. Tapi belum sempurna,” ujar Armand.

Baca juga:

Menelusur Pengaruh Awards Bagi Musisi

“Harapannya sih simple-simple saja. Bahwa sebetulnya hukum dan pasalnya sudah ada. Namun penegakannya saya harap tidak pandang bulu. Karena lagu itu kan hasil karya seseorang gitu,” lanjutnya.

Suami dari Dewi Gita itu menganalogikan pihak yang tidak membayar royalti ibarat pelanggan yang tak membayar di sebuah restoran. Oleh sebab itu, Armand berharap agar semua pihak memikirkan para musisi. Sebab para musisi tidak mudah menciptakan musik.

Menurut Armand harus ada kesadaran dari semua pihak. (Foto: Instagram/Armandmaulana04)
Menurut Armand harus ada kesadaran dari semua pihak. (Foto: Instagram/Armandmaulana04)

“Sama saja kayak kita bikin nasi goreng atau pisang goreng, kan itu ada harganya. Nah sekarang masa gue dagang nasi goreng, terus lu ambil aja piring, makan terus pergi. Kan nggak gitu,” ungkapnya.

“Padahal kebayang kan misal gue sebagai artis, komposer dan produser, sudah menciptakan lagu, itu juga nggak gampang. Itu bikinnya kita sudah keluarkan uang. Coba saja pikirkan misal kita sudah makan makanan orang, terus nggak bayar. Jadi analoginya bisa ke arah situ,” tutupnya. (Yni)

Baca juga:

Begini Jadinya Punya Teman Musisi di Tongkrongan

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Konten Entertainment District Arc Hadir di DLC Demon Slayer Hinokami Chronicles
Hiburan & Gaya Hidup
Konten Entertainment District Arc Hadir di DLC Demon Slayer Hinokami Chronicles

SEGA mengonfirmasi akan menghadirkan sebagian karakter dari Entertainment District Arc dimulai pada musim panas 2022 ini.

Mazda Rilis MX-5 Khusus Penyandang Disabilitas
Fun
Mazda Rilis MX-5 Khusus Penyandang Disabilitas

Dilengkapi berbagai modifikasi alat bantu untuk mudahkan pengemudi disabilitas.

Aktris Abigail Sumiskum Ungkap Pengalaman Saat Berinteraksi dengan Penyu
ShowBiz
Aktris Abigail Sumiskum Ungkap Pengalaman Saat Berinteraksi dengan Penyu

Pengalaman menyentuh saat berinteraksi dengan penyu

4 Zodiak Ini Dikenal Paling Sulit Didekati
Hiburan & Gaya Hidup
4 Zodiak Ini Dikenal Paling Sulit Didekati

Cukup sulit untuk diajak berteman dan berkenalan dengan orang baru.

Kalimat Sederhana Mampu Tumbuhkan Karakter Positif pada Anak
Fun
Kalimat Sederhana Mampu Tumbuhkan Karakter Positif pada Anak

Cara memberi afirmasi positif pada anak

Dianggap Rasis, WHO akan Mengganti Nama Cacar Monyet
Fun
Dianggap Rasis, WHO akan Mengganti Nama Cacar Monyet

Label cacar monyet dinilai diskriminatif.

September, LEGO Brawls Hadir di Konsol dan PC
Fun
September, LEGO Brawls Hadir di Konsol dan PC

Pemain akan diajak menikmati pertarungan sengit di arena dengan karakter buatan kamu di semesta LEGO.

Cryotherapy, Perawatan Kecantikan dengan Sensasi Dingin
Fun
Cryotherapy, Perawatan Kecantikan dengan Sensasi Dingin

Terapi yang menggunakan suhu dingin.

Penyebab Pemulihan Hipertensi Terhambat
Fun
Penyebab Pemulihan Hipertensi Terhambat

Hipertensi harus ditangani secara terus-menerus.

Frontman Green Day Umumkan akan Melepas Kewarganegaraan AS
ShowBiz
Frontman Green Day Umumkan akan Melepas Kewarganegaraan AS

Billie Joe Amstrong mengutuk keputusan pemerintah AS soal perlindungan aborsi.