Arkeolog Ungkap Asal Batu Stonehenge Asal-usul batu mungkin telah ditemukan oleh arkeolog. (Foto: Pexel/Bernd Feurich)

SUSUNAN batu raksasa Stonehenge telah lama menjadi misteri. Salah satu yang jadi pertanyaan ialah asal batu-batu besar untuk membangun Stonehenge. Para ilmuwan silih berganti mencari titik terang dari misteri itu. Kini, petunjuk baru untuk menjawab pertanyaan kuno itu ditemukan.

Para arkeolog mengumumkan mereka berpotensi menemukan asal-usul batu sarsen yang terkenal sebagai pembentuk formasi Stonehenge. Menurut mereka, batu-batu itu mungkin berasal dari hutan barat dekat Marlborough, sekitar 24 km dari bangunan itu. Demikian diwartakan CNN.

Baca juga:

Lubang Raksasa Ungkap Rahasia Monumen Stonehenge

1
Para arkeolog temukan asal batu sarsen atau megalit. (Foto: Pexels/John Nail)

Selama berabad-abad, ada banyak teori tentang batu Stonehenge. Keduanya menyentuh sisi dari mana mereka berasal dan bagaimana mereka diangkut ke lokasi terakhir mereka di Wiltshire, Inggris.

Sebenarnya ada dua jenis batu yang digunakan untuk membuat lingkaran neolitik itu. Namun, penemuan baru-baru ini hanya berlaku untuk salah satu jenis, yakni sarsen atau megalit. Jenis lain, bluestones, yang lebih kecil daripada batu sarsen, diperkirakan berasal dari Bukit Preseli di Wales Barat Daya.

Batu-batu sarsen yang ukurannya lebih besar memiliki berat sekitar 20 ton. Ukuran batu itu mencapai 7 meter dan membentuk sebagian besar struktur. Para ahli memperkirakan, batu-batu itu berasal dari daerah yang jaraknya tidak jauh dari Wales.

Baca juga:

Stonehenge Menyiarkan Solstice Musim Panas Pertama kalinya Secara Daring

2
Batu sarsen mungkin berasal dari daerah tak jauh dari Wales. (Foto: Pexels/Kris Schulze)

Menurut sebuah pernyataan dari English Heritage, para ilmuwan menduga batu-batu itu berasal dari dekat Marlborough. Namun, sampai hari ini, hal itu hampir tidak mungkin diverifikasi. Inti dari salah satu batu yang berisi informasi penting tentang dari mana batu itu berasal telah dihapus saat renovasi selama 1950-an. Batu itu baru dikembalikan pada 2019.

"Saat Robert (salah satu karyawan mereka) memutuskan untuk mengembalikan bagian inti tahun lalu, para ahli mulai menyusun puzzle," ujar English Heritage dalam sebuah kicauan di Twitter.

Para ilmuwan membandingkan intinya dengan batu sarsen lainnya di seluruh Inggris. Dari sana, mereka sampai pada kesimpulan. "Hasilnya menunjukkan kecocokan terbaik dengan satu lokasi tertentu. Pada akhirnya, itu mengungkapkan asal dari mana batu sarsen raksasa itu," ujar mereka.

Namun, Marlborough merupakan lokasi dengan tingkat kecocokan terbaik di Inggris untuk batu yang diuji. Namun, ternyata ada batu lain yang bisa berasal di daerah lain. "Walaupun ini bisa saja suatu kebetulan, mungkin kehadiran mereka menandai pekerjaan berbagai komunitas yang membangun dan memilih untuk mengambil bahan mereka dari bagian lanskap yang berbeda," ujarnya dalam studi yang dipublikasikan di Science Advances.

Mengenai pertanyaan mengapa orang-orang neolitikum memilih batu-batu tertentu dari daerah-daerah tertentu, yang beberapa di antaranya cukup jauh, para ahli punya pendapat. “Kita sekarang dapat mengatakan, ketika mencari sarsen, tujuan utamanya ialah ukuran. Mereka menginginkan batu ukuran terbesar dan paling substansial yang dapat mereka temukan. Akan masuk akal untuk mendapatkannya sedekat mungkin,” kata sejarawan Susan Greaney, rekan penulis studi, seperti dilansir CNN. Namun, para ahli belum bisa mengungkap batu-batu raksasa itu diangkut. Itu masih menjadi sebuah misteri.

Meski masih ada banyak pertanyaan yang harus dijawab, studi terbaru bisa menjadi batu loncatan ke arah yang benar. Bisa menunjukkan dengan tepat area yang digunakan para pencipta Stonehenge untuk mengumpulkan bahan-bahan mereka sekitar 2500 SM, menurut Greaney, merupakan suatu sensasi yang nyata. "Sekarang kita dapat mulai memahami rute yang mungkin telah mereka tempuh dan menambahkan bagian lain ke dalam teka-teki," imbuhnya. (lgi)

Baca juga:

Dengan Tekonologi Modern Mampu Membaca Kota Kuno di Bawah Tanah

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH