Arief Aceh Disebut Mulai 'Bermain' di KPK Sejak Lili Pintauli Jabat Komisioner

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 06 Desember 2021
Arief Aceh Disebut Mulai 'Bermain' di KPK Sejak Lili Pintauli Jabat Komisioner
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. (Antara/HO-Humas KPK)

MerahPutih.com - Nama Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar kembali muncul dalam sidang kasus dugaan suap penanganan perkara di KPK.

Mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju menegaskan bakal membongkar peran advokat Arief Aceh yang diduga orang dekat, Lili Pintauli.

Baca Juga

ICW Minta KPK Hadirkan Lili Pintauli di Sidang Kasus Tanjungbalai

Peran Arief Aceh tersebut bakal diungkap Robin apabila majelis hakim mengabulkan permohonan Justice Collaborator (JC) dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di KPK.

"Majelis hakim mempertimbangkan JC yang saya minta. Sudah sampaikan dan sudah sangat jelas saya sampaikan bahwa saya sangat ingin membuka peran pengacara Arief Aceh," kata Robin di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (6/12).

Menurut Robin, Arief Aceh yang diduga orang dekat Lili merupakan 'pemain lama' di KPK. Tepatnya, kata Robin, Arief sudah bermain sejak Lili Pintauli menjadi komisioner KPK.

"Karena yang bersangkutan memang bermain di KPK. Kita tahu lah, rekan-rekan bisa tanya pengacara-pengacara senior lah, yang bersangkutan (Arief Aceh) sudah mulai bermain pada saat Bu Lili masuk di KPK," ujarnya.

Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar (Dok. KPK)
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (Dok. KPK)

Dalam fakta sidang kasus penanganan perkara, Lili Pintauli disebut menyarankan mantan Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial untuk menemui Arief Aceh di Medan. Arief Aceh disebut kerap bermain perkara di KPK.

Rekomendasi dari Lili itu, agar Arief Aceh membantu Syahrial mengurus perkara dugaan suap jual beli jabatan yang menjeratnya. Syahrial pun bertanya kepada Robin siapa sosok yang disebut Arif Aceh.

"Syahrial tanya, 'Kenal enggak yang namanya Arief Aceh? Apakah dia orang KPK atau?' Saya bilang kalau di KPK enggak ada namanya Arif Aceh," kata Robin di persidangan, Senin (22/11) lalu.

Baca Juga

Kode Lili Pintauli ke Eks Walkot Tanjungbalai: Banyak Berdoa

Robin pun bertanya kepada pengacara Maskur Husain siapa sosok Arief Aceh kenalan Lili itu. Nama Arief Aceh itu dikonfirmasi oleh Maskur sebagai 'pemain di KPK'.

"Betul, setelah saya tanyakan ke Pak Maskur, Pak Maskur menyampaikan, 'Wah itu pemain di KPK.'," kata Robin. (Pon)

#KPK #Kasus Korupsi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan