Ariana Grande dan Kylie Jenner Kehilangan Jutaan 'Followers', Ada Apa dengan Instagram? Bug di Instagram menyebabkan banyak orang kehilangan followers (foto androidguys.com)

BELAKANGAN ini banyak "selebgram", sebutan selebritas atau influencer di media sosial Instagram, di seluruh dunia mengeluh kehilangan banyak followers. Terlebih banyak artis yang kehilangan jutaan pengikut. Ada apa ya dengan Instagram?

1. Bug di Instagram

Kehilangan Follower di Instagram
Tindakan pembersihan yang dilakukan Instagram dan bug di dalamnya (foto: teletrader.com)


Pada November 2018 lalu, pihak Instagram mengumumkan bahwa pada tanggal 1 Maret 2019, Instagram akan menghapus semua akun yang tidak aktif.

Maksudnya tidak aktif adalah mereka yang tidak pernah memberikan komentar, like, dan post. Jadi sebenarnya ini tindakan bersih-bersih yang dilakukan Instagram untuk mengurangi akun bohongan yang digunakan untuk menambah jumlah pengikut secara artifisial.

Namun ternyata, pihak Instagram memastikan ada bug dalam Instagram yang menyebabkan hal ini.

2. Pengumuman resmi dari Instagram

Kehilangan Follower di Instagram
pengumuman resmi Instagram via twitter (foto: twitter@instagram)


Melihat kekacauan yang terjadi di dunia maya, akun official Instagram di Twitter menuliskan bahwa mereka sudah mengetahui permasalahan yang terjadi dengan akun-akun yang kehilangan pengikut.

Tweet yang ditulis pada 13 Februari itu juga menegaskan bahwa Instagram akan memperbaikinya secepat mungkin.

Update terbarunya, sehari kemudian Instagram mengeluarkan tweet lagi yang menuliskan bahwa kendala ini akan selesai pada pukul sembilan pagi keesokan harinya. Dalam tulisan itu juga dituliskan mengenai bagaimana tim Instagram sedang bekerja keras untuk mengembalikan keadaan menjadi normal.

3. Para seleb yang kehilangan followers

Kehilangan Follower di Instagram
Kylie Jenner kehilangan 3 juta followers (foto: wmagazine.com)


Dampak dari bug di Instagram ini sangat merugikan para "selebgram" yang penghasilannya tergantung pada jumlah followers tersebut.

Namun buat para artis sepertinya kehilangan beberapa pengikut tidak jadi masalah besar. Seleb seperti Ariana Grande dan Kylie Jenner kehilangan banyak sekali pengikut akibat masalah ini. 'Followers Ariana Grande berkurang tiga juta, dan Kylie Jenner berkurang 2,5 juta. Sementara penyanyi Katy Perry kehilangan 900 ribu pengikut. (sam)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH