Argowisata Kaliklatak, Wisata Argo Tertua di Indonesia Argowisata Kaliklatak, wisata alternatif. (Foto: instagram@ferdiankamdani)

BAGI warga kota-kota besar berwisata di tempat argowisata menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pasalnya selain bisa melepas kepenatan, kita juga diberikan edukasi seperti bertani, berkebun atau berternak.

Nah, di Banyuwangi terdapat sebuah perkebunan yang dijadikan argowisata bernama Argowisata Kaliklatak. Tempat ini bukan hanya wisata argo tertua di Banyuwangi melainkan juga sebagai perintis argowisata di Indonesia.

Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Merapi dengan ketinggian 450 mdpl. Luasnya sekitas 1013 hektar dengan berbagai jenis tanaman seperti seperti kopi, cengkeh, kayu manis, vanili, lada, karet, kayu manis hingga keninger.

Para wisatawan mancanegara datang ke Argowisata Kaliklatak (Instagram/lesliemichelle69)
Para wisatawan mancanegara datang ke Argowisata Kaliklatak. (Foto: instagram@lesliemichelle69)

Salah satu yang sangat diminati adalah pengolahan kopi mulai dari penanaman hingga menjadi kopi siap konsumsi. Jika ingin menikmati pemandang kota Banyuwangi, Selat Bali dan Semenanjung Blambangan kamu bisa melihatnya di tempat bernama Hargosonyo.

Saat datang ke tempat ini kamu akan merasakan suana klasik. Terdapat sebuah gapura besar layaknya zaman kerajaan. Gapura yang diukir dengan ornamen bergaya Bali tersebut dibuat dari batu alam.

Gapura di Argowisata Kaliklatak (Instagram/slametjerman)
Gapura di Argowisata Kaliklatak. (Foto: instagram@slametjerman)

Argowisata Kaliklatak dulunya hanyalah sebuah perkebunan milik Belanda bernama Mij Moorman & Co. Namun di tahun 1957 kepemilikannya berpindah ke R. Soehoed Prawiroatmodjo, seorang pengusaha lokal.

Bagi yang ingin ke Argowisata Kaliklatak kamu bisa menempuhnya selama 30 menit atau sekitar 15 kilometer sebelah barat dari Kota Banyuwangi. Argowisata Kaliklatak berada di Kkecamatan Kalipuro. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH