Argentina Tantang Kroasia di Semifinal Setelah Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 10 Desember 2022
Argentina Tantang Kroasia di Semifinal Setelah Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti
Belanda 2-2 Argentina (3-4 Pen) (Twitter)

MerahPutih.com - Timnas Argentina berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menyingkirkan Belanda di Lusail Stadium, Sabtu (10/12) dini hari WIB.

Kemenangan Argentina lewat drama adu penalti itu seperti mimpi buruk yang terulang bagi Belanda setelah laga semifinal Piala Dunia 2014.

Argentina menyingkirkan Belanda via drama adu penalti dengan skor 4-3 setelah di waktu normal kedudukan sama kuat 2-2. Alhasil, Argentina akan bertemu Kroasia di semifinal. Diketahui Kroasia menyingkirkan tim kuat Brasil pada pertandingan sebelumnya, juga lewat adu penalti.

Baca Juga:

Kroasia ke Semifinal Piala Dunia 2022

Jalannya Pertandingan

Dikutip Bolaskor.com, pelatih Belanda Louis van Gaal menurunkan taktik 3-4-3 dengan mengandalkan Memphis Depay, Cody Gakpo, dan Steven Bergwijn di lini depan. Sedangkan Lionel Scaloni menerapkan formasi 5-3-2 yang berubah menjadi 3-5-2 saat menyerang.

Argentina mendominasi permainan dan Belanda, seperti yang sudah diperlihatkan sejak fase grup, bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Papan skor masih tanpa gol di 30 menit pertama sampai fans Argentina bersorak di menit 35.

Megabintang Argentina, Lionel Messi, bergerak di tengah dan dekat dengan kotak penalti Belanda. Di kala perhatian tertuju kepadanya, Nahuel Molina bergerak dan menerima assist dari Messi sebelum Molina mencetak gol. 1-0 Argentina unggul dan kedudukan itu bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua Van Gaal memasukkan dua pemain, Steven Berghuis dan Teun Koopmeiners, menggantikan Marten de Roon dan Steven Bergwijn. Belanda kini meningkatkan intensitas serangan untuk membalas ketertinggalan.

Belanda bermain ofensif dan Argentina kini mengandalkan serangan balik cepat. Dalam situasi tersebut Argentina lebih berbahaya, sebab mereka punya pemain depan yang lincah dan berkualitas.

Benar saja, pada menit 71 Marcos Acuna melakukan penetrasi di kotak penalti dan dilanggar Denzel Dumfries hingga berbuah penalti untuk Argentina. Sang eksekutor, Lionel Messi, mengonversi penalti dengan baik dan berbuah gol kedua Argentina. 2-0.

Memasuki 10 menit terakhir Belanda memperkecil kedudukan melalui pemain pengganti, Wout Weghorst. Berawal dari umpan lambung jauh dari Steven Berghuis, Weghorst berlari mengejarnya dan menanduk bola hingga bola melalui Emiliano Martinez. 1-2 Belanda memperkecil ketertinggalan. 10 menit tambahan waktu di babak kedua.

Baca Juga:

5 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Pertandingan Kroasia vs Brasil

Di kala harapan tampak sudah hilang dari Belanda, Dewi Fortuna pun datang menghampiri. Tepat di penghujung waktu. Teeun Koopmeiners menendang bola tendangan bebas, bola diterima Weghorst dan dari dalam kotak penalti menendang bola tanpa bisa diantisipasi Martinez. 2-2. Drama di Lusail dan laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada babak tambahan Belanda benar-benar dalam mode bertahan dan serangan balik mereka tidak efisien. Sementara itu, Argentina cukup banyak menciptakan peluang tapi terbentur oleh pertahanan Belanda, peluang mengenai mistar gawang, dan peluang yang ditepis kiper. Alhasil laga pun berlanjut ke drama adu penalti.

Pada drama adu penalti dua penendang pertama Belanda, Virgil van Dijk dan Steven Berghuis, gagal mencetak gol karena ditepis Emiliano Martinez. Sementara dari Argentina hanya Enzo Fernandez yang gaga mencetak gol. Alhasil Argentina lolos ke semifinal dengan kemenangan 4-3 di drama adu penalti atas Belanda.

Susunan Pemain

Belanda (3-4-3): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon (Teun Koopmeiners 46'), Frenkie de Jong, Daley Blind (Luuk de Jong 64'); Memphis Depay (Wout Weghorst 78'), Cody Gakpo (Noa Lang 113'), Steven Bergwijn (Steven Berghuis 46').

Pemain Cadangan: Remko Pasveer, Justin Bijlow, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Luuk de Jong, Steven Berghuis, Noa Lang, Davy Klaassen, Tyrell Malacia, Vincent Janssen, Wout Weghorst, Teun Koopmeiners, Kenneth Taylor, Xavi Simons, Jeremie Frimpong.

Pelatih: Louis van Gaal

Argentina (5-3-2): Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel 105'), Cristian Romero (German Pezzella 78'), Nicolas Otamendi, Lisandro Martinez (Angel di Maria 112'), Marcos Acuna (Nicolas Tagliafico 78'); Rodrigo de Paul (Leandro Paredes 66'), Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez (Lautaro Martinez 82').

Pemain Cadangan: Franco Armani, Geronimo Rulli, Juan Foyth, Nicolas Tagliafico, Gonzalo Montiel, Leandro Paredes, German Pezzella, Angel di Maria, Exequiel Palacios, Angel Correa, Thiago Almada, Alejandro Papu Gomez, Guido Rodriguez, Paulo Dybala, Lautaro Martinez.

Pelatih: Lionel Scaloni. (*/Bolaskor.com)

Baca Juga:

Menunggu Daya Magis Messi di Laga Argentina Vs Belanda

#Timnas Argentina #Piala Dunia 2022 Qatar #Timnas Belanda
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan