Arab Saudi Tutup Pintu Kedatangan Jemaah Haji pada 3 Juli 2022

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 01 Juli 2022
Arab Saudi Tutup Pintu Kedatangan Jemaah Haji pada 3 Juli 2022
Jamaah calon haji Indonesia di Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/Desi Purnamawati)

MerahPutih.com - Puncak ibadah haji akan segera berlangsung. Hingga saat ini sudah hampir 90 persen jemaah calon haji Indonesia yang sudah tiba di Mekkah, Arab Saudi.

"Jemaah haji sudah berangsur-angsur tiba di Kota Mekkah. Sampai dengan saat ini kurang lebih tinggal 10 persen lagi jemaah kita yang belum tiba," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Mukhammad Khanif di Makkah, Kamis (1/6).

Baca Juga:

Kementerian Agama Targetkan Kuota Haji 1443 H Terserap 100 Persen

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, saat ini sudah 84.844 jemaah yang tiba di Tanah Suci. Jadi, sebanyak 15.207 jemaah di Tanah Air yang belum berangkat ke Arab Saudi.

Berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) Tahun 1443 H/2022 M, akhir pemberangkatan jamaah haji gelombang kedua dari Tanah Air ke Jeddah dijadwalkan pada 3 Juli 2022.

Kedatangan terakhir jemaah haji yaitu pada 3 Juli 2022 dan pada hari tersebut, Arab Saudi tidak menerima lagi kedatangan jemaah haji.

"Kita harapkan sampai tanggal 4 Juli seluruh jamaah haji sudah tiba di Makkah," tambah dia.

Sementara itu, delegasi Amirul Hajj bertolak ke Arab Saudi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Kamis pukul 17.35 WIB menuju Jeddah.

Naib Amirul Hajj sekaligus Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, misi Amirul Hajj Indonesia selama di Arab Saudi untuk membantu pemerintah memastikan penyelenggaraan ibadah haji 1443H dengan baik.

"Utamanya ada dua hal, pertama berkaitan dengan aspek ibadah dan aspek pelayanan teknisnya," katanya.

Delegasi juga akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait masalah teknis penyelenggaraan ibadah haji di antaranya transportasi, akomodasi, katering dan hal teknis lainnya.

"Mudah-mudahan semua itu bisa berjalan dengan lancar dan aman serta jamaah haji Indonesia mendapatkan haji yang mabrur termasuk dukungan kepada petugas dalam melayani jemaah haji," katanya.

Naib Amirul Hajj mengingatkan dan mengimbau jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan terlebih karena kondisi cuaca di Arab Saudi di atas 40 derajat celsius.

"Jemaah harus selalu menjaga kesehatan jangan sampai ada jamaah yang dehidrasi saat menjalani ibadah haji," ungkapnya. (Knu)

Baca Juga:

16 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci

#Calon Haji #Jemaah Haji #Idul Adha
Bagikan
Bagikan