Film

Arab Saudi Bolehkan Berdirinya Bioskop di Awal Tahun 2018

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 11 Desember 2017
Arab Saudi Bolehkan Berdirinya Bioskop di Awal Tahun 2018
Ilustrasi bioskop (Foto: Pixabay)

Pemerintah Arab Saudi punya kebijakan baru mengenai pemutaran film. Hari ini, Senin (11/12) Arab Saudi mengatakan bahwa bioskop akan dibolehkan di kerajaan konservatif tersebut.

Hal ini cukup mengejutkan. Apalagi pembukaan bioskop tersebut adalah pertama kalinya sejak lebih dari 35 tahun lalu. Rencananya bioskop ini akan dibuka pada Maret tahun depan.

Seperti yang diketahui sebelumnya bioskop dilarang oleh pemerintah Arab Saudi pada awal 1980an. Saat ini di bawah pimpinan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, pemerintah akan menghilangkan larangan itu.

"Pembukaan bioskop akan bertindak sebagai penghubung bagi pertumbuhan ekonomi dan keragaman," kata Menteri Kebudayaan dan Penerangan Awwad bin Saleh Alawwad seperti diberitakan Antara/Reuters.

Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga menjelaskan ekonomi yang jatuh akibat harga minyak rendah akan mendapat keuntungan dari pertumbuhan industri hiburan.

"Dengan mengembangkan sektor budaya yang lebih luas, kita akan menciptakan kesempatan kerja dan pelatihan baru, serta memperkaya pilihan hiburan Kerajaan," ucapnya.

Pada 2030, Arab Saudi diperkirakan akan membuka lebih dari 300 bioskop dengan lebih dari 2.000 layar, demikian pernyataan pemerintah. Diperkirakan industri bioskop akan menyumbang lebih dari 90 miliar riyal (24 miliar dolar AS) untuk perekonomian dan menciptakan 30.000 pekerjaan permanen. (*)

#Bioskop #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan