Otomotif

Aprilia SR-GT 200 Tiba di Indonesia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 16 Juli 2022
Aprilia SR-GT 200 Tiba di Indonesia
Aprilia SR-GT 200 tiba di Indonesia. (Foto:merahputih.com/Ikhsan Aryo Digdo)

SEKILAS skuter matik ini mirip dengan para pesaingnya yang sama-sama memiliki kapasitas mesin di atas 150 cc. Bodinya besar dan memiliki lebar jok luas, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang ketika melakukan perjalanan jauh.

Namun, setelah dilihat saksama dari jarak dekat, windshield menjadi pembeda dengan skuter matik lainnya yang kerap wara-wiri di jalan-jalan Jakarta. Windshield nan terpasang di atas stang motor Aprilia SR-GT 200 ini memiliki desain sporty. Dari segi ukuran juga dinamis, tidak terlalu tinggi dan pendek.

Baca Juga:

Sejarah Legenda Balap Aprilia, dari Italia ke Penjuru Dunia

Kehadiran windshield sporty tersebut akan melenakan pengendara yang tengah memacu motor ini dengan kecepatan tinggi. Windshield siap melibas kencangnya terpaan angin untuk melindungi rider agar pengalaman berkendara sempurna tanpa gangguan. Tinggi windshield yang proporsional juga tidak mengganggu pandangan walau pengendara memosikan tubuh condong ke depan dekat stang ketika motor sedang melaju pesat.

Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega saat peluncuran SR-GT 200. (Foto: merahputih.com/Ikhsan Aryo Digdo)

Aprilia SR-GT 200 kini sudah bisa dinikmati oleh pengendara sepeda motor Indonesia yang menggemari skuter matik bongsor. PT Piaggio Indonesia melepas Aprilia SR-GT 200 ke pasar Indonesia pada Sabtu (16/7) di Dome Spark, Senayan, Jakarta Pusat. "Brand Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari Sirkuit MotoGp yang kompetitif, salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200," ungkap Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega kepada para awak media dalam acara peluncuran skuter ini.

Aprilia SR-GT 200 selain memiliki windshield berdesain sporty, juga hadir dengan stang lebar. Ini memudahkan pengendara untuk bergerak lincah ketika harus melewati jalanan yang penuh dengan tikungan. Ditambah lagi skuter matik ini berbobot ringan, hanya 148 kilogram saat tangki bensin terisi penuh. Alhasil, akan memudahkan saat menikung tajam. Pelek alloy ringan berukuran 14 inci di depan dan 13 inci di belakang juga menjadi faktor penting skuter ini mampu bergerak gesit.

Baca Juga:

Dipenuhi Optimisme, Tim Aprilia Tiba di GP Amerika

Sistem pengereman menggunakan cakram depan petal 260 mm, yang terasa lebih ringan dan mampu membuang panas, sehingga menjadikan performa lebih baik. Sementara bagian belakang dilengkapi cakram 220 mm (berbentuk kelopak untuk versi sport). Skuter ini semakin tampil menonjol dengan ground clearence minimal 175 mm.

Siap melaju kencang dan lincah. (Foto: Aprilia)

Tunggangan ini berada dalam keluarga besar mesin i-get, dengan injeksi elektronik, empat katup, dan pendingin cair. Bersama dengan silinder tunggal 174 cc i-get, Aprilia SR-GT 200 menawarkan 13 tenaga kw pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 NM pada 7000 rpm. Perpaduan tenaga mesin ini merupakan nilai referensi mutlak, yang memastikan elastisitas, tarikan cepat, dan pengendaraan mulus di segala kondisi jalan.

SR-GT 200 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Aprilia Black, Infinity Blue dan Street Grey. Sedangkan SR-GT Sport 200 pilihan warnanya adalah Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway. SR-GT 200 dibanderol Rp 60 juta sementara SR-GT Sport 200 Rp 61,5 juta, keduanya OTR Jakarta.

SR-GT 200 tetap memiliki prinsip Aprilia bahwa diperuntukkan untuk pembalap dan rider yang haus akan performa tunggangan terbaik. Akan tetapi, skuter ini kata Marco tetap efisien dikendarai untuk menemani aktivitas rutin. "Keluarga Aprilia yang tetap setiap pada esensi brand Aprilia yaitu designed for racers, built for riders, namun tetap relevan untuk berkendara sehari-hari," tutup Marco. (ikh)

Baca Juga:

Mengenal Aprilia 660 Series yang Terinspirasi Dunia Balap

#Otomotif #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan