Aprilia Melakukan Debut Mesin V4 Pneumatic

Fadhli Fadhli - Selasa, 02 Desember 2014
Aprilia Melakukan Debut Mesin V4 Pneumatic

MerahPutih Sport- Tim balap MotoGP Aprilia Gresini terus melakukan persiapan pra-musim untuk musim balap 2015 di Jerez, Spanyol, Kamis lalu (27/11). Pembalapnya, Alvaro Bautista dan Marco Melandri mengaspal dengan mesin V4 baru yang sudah menggunakan katup pneumatik.

Latihan ini merupakan kali ke dua bagi tim Aprilia, setelah tes pertama pra-musim dilakukan segera setelah Grand Prix Valencia. Pada tes di Jerez ini, cuaca memang sangat mempengaruhi jalannya program pengujian, terlebih pada hari terakhir uji coba, sirkuit terus menerus diguyur hujan yang memastikan latihan akan selalu dilakukan diatas aspal yang basah.

"Meskipun cuaca buruk, kami telah mengumpulkan banyak informasi, sebagian besar positif," jelas Aprilia Romano Albesiano. "Ini adalah kesempatan pertama untuk menggunakan mesin katup pneumatik secara intensif, yang telah terbukti sangat menjanjikan dalam hal daya maksimum dan pengelolaan. Meskipun demikian, masih ada banyak pekerjaan dalam hal pengaturan pemetaan. Alvaro terus beradaptasi dengan Aprilia secara positif tetapi, seperti yang selalu terjadi, masih ada ruang untuk perbaikan. Adapun Marco, ia melanjutkan adaptasinya dengan ban Bridgestone, merupakan masalah yang agak rumit selama hari ini dan menjadi sesuatu yang akan terus kita perhatikan lebih dalam ketika kita melakukan tes di Sepang. "

Untuk pertama kalinya, para pembalap bisa dapat merasakan mesin V4 baru, lengkap dengan teknologi katup pneumatik. Mesin ini lebih kuat dari pendahulunya dan memulai debutnya pada Rabu lalu, karena pada hari pertama Aprilia memfokuskan perbaikan pada elektronik dan setup lainnya. Bautista menyelesaikan 131 lap selama tiga hari, dengan waktu lap terbaik 1'40.6. Sementara Melandri membukukan 123 lap dan dengan waktu terbaik 1'41.5.

"Kita bisa puas dengan yang telah kita lakukan, meskipun cuaca memperlambat kemajuan kita," ungkap Bautista. "Saya terus menggunakan sepeda motor dengan konfigurasi yang sama dengan tes Valencia. Kami fokus pada sasis, menemukan beberapa solusi yang aku suka yang memungkinkan kita untuk mempelajari lebih lanjut tentang sepeda motor ini. Saya dapat menggunakan mesin katup pneumatik baru dari hari kedua. Kekuatannya besar tapi masih ada pekerjaan yang kami harus dilakukan dalam beberapa lap di hari yang basah (Kamis), tapi kita masih perlu belajar lebih banyak tentang bagaimana mesin ini bekerja, terlebih dalam kondisi seperti sekarang ini, disaat libur musim dingin dimulai, sehingga kami akan dapat terlepas sedikit dari pekerjaan untuk pulih dari musim yang panjang dan kemudian kembali untuk berlatih dan bersiap. Sementara itu, saya pasti akan di pabrik Aprilia untuk melihat dari dekat dan secara pribadi semua pekerjaan besar yang para teknisi lakukan pada sepeda motor saya. "

Para pengendara Aprilia akan berkumpul kembali untuk melanjutkan pengujian di Malaysia pada 4 Februari 2015.

#MotoGP #Sport #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan