Apresiasi untuk Jokowi yang Gaungkan Pembangunan SDM Indonesia Joko Widodo. (Antaranews)

MerahPutih.com - Peneliti bidang sosial The Indonesian Institute, Center for Public Policy (TII) Vunny Wijaya mengapresiasi langkah Jokowi menggaungkan pembangunan SDM Indonesia unggul dengan terus menggelorakan semangat Pancasila.

Ia mengatakan, pada dasarnya SDM unggul mengarah pada kualitas masyarakat yang mumpuni, mandiri, adaptif terhadap teknologi, berdaya saing, produktif dan inovatif sesuai bidangnya.

Baca Juga: Periode Kedua Pemerintahannya, Jokowi Fokus Peningkatan SDM dan Mutu Pendidikan

“SDM unggul yang berhati Pancasila dalam hal ini mampu mempraktikkan nilai-nilai Pancasila menjadi kekuatan yang akan dapat membawa Indonesia bergerak maju di tengah intoleransi dan radikalisme yang berusaha memecah belah bangsa,” katanya dalam keterangan persnya, Senin (19/8).

Joko Widodo. (Antaranews)
Joko Widodo. (Antaranews)

Vunny melanjutkan, saat ini Indonesia masih kekurangan banyak SDM di sektor strategis nasional. Adanya SDM unggul yang berhati Pancasila diharapkan mampu memecahkan masalah yang dihadapi berbagai sektor dengan tetap menyadari pentingnya kontribusi bagi kesejahteraan bangsa.

Baca Juga: Harapan PPP Mengenai Program SDM Premium Jokowi-Amin

“Kunci terwujudnya SDM unggul adalah pendidikan. Tapi kesenjangan pendidikan masih terjadi. Perbedaan kualitas tenaga pendidik di kota dan desa, fasilitasnya, manajemennya dan belum lagi adanya penyusupan nilai radikalisme dan ekstrimisme," kata dia.

Langkah pemerintah dalam menaikkan anggaran pendidikan menurutnya patut diapresiasi. Namun, dia menekankan hal tersebut harus diiringi dengan reformasi pendidikan yang mampu menyesuaikan tantangan masa kini, khususnya dengan mempersiapkan tenaga pengajar yang lebih berkualitas dan fasilitas belajar mengajar yang memadai. (*)

Baca Juga: Visi Bangun SDM Jokowi Didukung Jaman


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH