Apresiasi Kebijakan Listrik, Rizal Ramli Tetap Minta Jokowi Hentikan Proyek Infrastruktur Rizal Ramli desak Presiden Jokowi batalkan anggaran pemindahan ibu kota untuk tangani corona (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Ekonom senior Rizal Ramli mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi yang melakukan pembebasan hingga pemberian diskon tarif listrik kepada masyarakat akibat wabah virus corona atau COVID-19.

Hal tersebut disampaikan RR menanggapi keputusan Jokowi yang akan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19. Salah satunya bentuk bantuan sosial itu ialah menggratiskan tarif listrik.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19, Tahanan Sidang Melalui Video Conference

"Saya memuji pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450VA, dan diskon 50% untuk 7 juta pelanggan 900VA bersubsidi. Ini sangat membantu golongan menengah bawah," kata RR kepada wartawan, Selasa, (31/3).

Ekonom Senior Rizal Ramli
Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Rizal Ramli di Kampus IAIN Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/11). (MP/Ismail)

Meski begitu, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu menyarankan Jokowi untuk menghentikan sementara proyek infrastruktur ketimbang melakukan realokasi anggaran radikal guna memberikan bantuan sosial kepada masyarakat.

"Hentikan sementara semua proyek- proyek infrastruktur, termasuk ibukota baru karena pemerintah bermaksud menambah defisit anggaran dari 3% ke 5% GDP dengan cara menambah utang lagi dan/atau ‘cetak uang’ dengan bungkus recoverybond," ujarnya.

Baca Juga:

Kapolri Ungkap Puluhan Akun Medsos Ditutup Karena Sebar Hoaks COVID-19

Mantan anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu menilai recovery bond hanya akan membuat nilai rupiah semakin jatuh. Ia mencontohkan pengembalian Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dalam bentuk asset, ketika dipaksa jual IMF, recovery ratenya hanya 25%.

"Tanpa governance dan transparansi yang benar, R-bonds kemungkinan hanya akan jadi skandal keuangan berikutnya," tegas RR.(Pon)

Baca Juga:

Politikus Nasdem: Hentikan Arus Manusia Keluar-Masuk Jabodetabek

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH