APPMI Mencari Wajah Baru Penuh Talenta Jadi Icon IFW 2024

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Selasa, 28 November 2023
APPMI Mencari Wajah Baru Penuh Talenta Jadi Icon IFW 2024
Salah satu peserta audisi Icon IFW 2024. (Foto: IFW)

PARA model perempuan dan lelaki mengenakan atasan putih polos dengan nomor di dada berlenggokan di Ground Floor, Sarinah, (27/11). Mereka unjuk kebolehan di hadapan para juri agar terpilih menjadi icon Indonesia Fashion Week (IFW) 2024. Kelima juri tersebut, antara lain

Presiden IFW 2024 Poppy Dharsono, Kabid Ekraf Pemprov DKI Jakarta Puji Hastuti, senior koreografer Irlan Leksi, IFW 2024 Campaign Video & Photo Director Jacky Suharto, dan Fashion Director & Consultant IFW 2024 Ajeng Swastiari.

Baca juga:

Finalis IYFDC Tampilkan Karya Terbaik di Runway IFW 2023

Pencarian icon tersebut merupakan rangkaian agenda menuju #RoadtoIFW2024. Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) telah sibuk melakukan seleksi sejak Agustus 2023 di Surabaya dan Medan. Kali ini, proses seleksi digelar di Jakarta dengan menggandeng Sarinah sebagai Official Mall Partner untuk ajang Icon Search 2024.

IFW
Para peserta audisi Icon IFW 2024 unjuk kebolehan. (Foto: IFW)

Icon IFW, menurut Presiden IFW Poppy Dharsono, harus memiliki karakter kuat sebab tak hanya mampu berjalan di catwalk tetapi juga memiliki persona dan kompetensi diri.

"Icon IFW 2024 harus model profesional, versatile, dan adaptif. Mereka juga memiliki persona dan kharisma, lalu punya social media presence dengan engagement kuat," tegas Poppy Dharsono.

Tak hanya itu, lanjut Poppy, Icon IFW 2024 juga dituntut memiliki endurance atau ketahanan baik dalam melakukan berbagai tuntutan pekerjaan. Selain itu, icon terpilih juga memiliki pengaruh di dunia fashion dan industri kreatif serta budaya.

Baca juga:

Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara Tampilkan Koleksi ‘Tanah Anoa’ di IFW 2023

"Bahkan, di tahun ini kami akan melihat juga apakah icon terpilih memiliki pengetahuan dan kecintaan akan budaya Nusantara secara baik atau tidak," kata Poppy Dharsono seusai penjurian Icon JFW 2024.

Icon IFW 2024 menjadi penting sebab akan menjadi representatif dari Indonesia Fashion Week sehingga sosok dicari tidak bisa sembarangan.

Menjadi icon IFW 2024 tentu jadi pencapaian membanggakan bagi tiap model. Sebab, APPMI akan memastikan icon menjadi wajah dari IFW 2024. Tak berhenti di situ, APPMI juga akan mendorong icon terpilih memiliki kemampuan lain di luar modeling, salah satunya kemampuan untuk live streaming di dunia digital.

IFW
Kelima juri Icon IFW 2024 siap memilih model terbaik. (Foto: IFW)

"Hal ini bagi kami penting agar mereka dapat terbiasa berkomunikasi dan membawa diri di ranah publik, serta mempresentasikan suatu brand lebih jauh, tak hanya berjalan mempresentasikan koleksi atau difoto," ungkap Poppy.

Icon terpilih nantinya akan menjadi representative IFW di tahun depan. IFW 2024 akan menjadi pekan mode pertama Indonesia di tahun 2024. IFW 2024 diselenggarakan pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

IFW 2024 berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kolaborasi ini akan menyuguhkan banyak unsur budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif dari Pemprov DKI Jakarta dalam format agenda IFW 2024.

"Untuk kampanye dan tema IFW 2024 akan kami umumkan pada acara pre-launching IFW dilaksanakan awal tahun 2024," pungkas Poppy Dharsono. (*)

Baca juga:

IYFDC 2023 Kembali Lahirkan Perancang Busana Muda di Indonesia

#Fashion
Bagikan
Bagikan