Apple Umumkan Seri MacBook dengan Prosesor M1

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Rabu, 11 November 2020
Apple Umumkan Seri MacBook dengan Prosesor M1
Sudah bisa dipesan hari ini. (Foto: Medium)

APPLE baru saja menggelar sebuah acara bertajuk One More Thing yang berlangsung 11 November 2020 dini hari tadi. Setelah seri iPhone 12, di acara kali ini Apple memperkenalkan peluncuran MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini. Mereka juga memperkenalkan chipset M1 berbasis ARM untuk menjadi dapur pacu di seri MacBook Air dan Pro.

Mengutip The Verge, MacBook Air hadir dengan layar Retina Display berukur 13,3 inci dengan berat 1,2 kilogram, sama persis dengan dimensi pendahulunya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, MacBook Air ini memiliki dapur pacu Apple M1, 8 core GPU, dan 16 core Netural Engine.

MacBook Air ini memiliki RAM 8GB dan penyimpanan 256GB serta 512GB. Menariknya, kamu bisa upgrade hingga 16GB/2TB. Seperti pendahulunya, seri MacBook ini hadir dengan warna emas, perak, dan abu-abu.

Baca juga:

Apple Bikin Acara di 10 November, Rilis Apa?

Apple Umumkan Seri MacBook dengan Prosesor M1
Dilengkapi dengan chipset M1 buatan Apple. (Foto: The Indian Express)

Apple juga mengklaim MacBook Air terbaru ini mampu digunakan sampai 15 jam untuk browsing dan 18 jam memutar video, enam jam lebih lama dari generasi sebelumnya dengan chip Intel.

MacBook Air baru ini mendukung Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, dan Touch ID. Ada juga dua port USB-C, pengisian daya, DisplaySport, Thunderbol 3, dan USB 3.1 Gen 2, serta jack headphone.

Laptop ini hadir dengan kamera 720p dan hasilnya jauh lebih baik berkat prosesor sinyal gambar dari M1. Dengan begitu, Apple memberikan peningkatan pengurangan kebisingan, jangkauan dinamis, white balance otomatis, dan deteksi wajah.

Baca juga:

Apple akan Merilis Macbook Termurah, Cek Spesifikasinya

Apple Umumkan Seri MacBook dengan Prosesor M1
Ketiganya menggunakan chipset M1. (Foto: TNW)

Untuk spesifikasi, MacBook Pro sama dengan seri baru MacBook Air. Hanya saja MacBook Pro hadir dengan memori yang lebih kecil ketimbang seri Air. Apple menyediakan opsi sebesar 256GB dan 512GB, dan bisa diperluas hingga 2TB.

Chipset laptop ini 2,8 kali lebih cepat dan grafisnya lima kali lebih cepat. Apple juga menanamkan baterai 58,2 watt yang disebut lebih awet dan bertahan hingga 17 jam untuk browsing dan 20 jam untuk memutar video.

Apple Umumkan Seri MacBook dengan Prosesor M1
MacMini dibanderol dengan harga Rp9,8 juta. (Foto: Hypebeast)

Mac Mini terbaru dari Apple juga diklaim tiga kali lebih cepat dan delapan inti GPU disebut enam kali lebih kencang dibanding pendahulunya. Kinerja machine learning juga 15 kali lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. Mata akan semakin dimanjakan dengan Apple Pro Display XDR dengan resolusi 6K dan konektivitas Wi-Fi 6.

Jika kamu berminat, MacBook Air dibanderol dari harga USD 999 atau sekitar Rp14 juta, MacBook Pro USD 1,299 atau sekitar Rp18 juta, dan Mac Mini sebesar USD 699 atau sekitar Rp9,8 juta. Semuanya sudah bisa kamu pesan hari ini dan akan datang pada 17 November 2020. (and)

Baca juga:

Layar Pemulihan Otomatis untuk Ponsel Lipat Apple

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan