Apple Tuntut Aplikasi Resep Makanan Apple menuntut Prepear (Foto: interesting engineering)

APPLE mengambil tindakan hukum terhadap pengembang aplikasi Prepear dari Kanada. Prepear adalah aplikasi yang membantu pengguna menemukan resep, merencanakan makanan, membuat daftar, dan mengatur pengiriman bahan makanan.

Aplikasi tersebut merupakan spin-off dari Super Healthy Kids. Para pendiri aplikasi itu mengklaim mereka menghadapi litigasi dari Apple. Apple dilaporkan mempermasalahkan logo Prepear dengan alasan atributnya terlalu mirip dengan Apple. "Apple memutuskan untuk menentang dan mengejar merek dagang bisnis kecil kami yang mengatakan logo pir kami terlalu mirip dengan logo apel mereka dan diduga merusak merek mereka," ujar perwakilan Prepear di akun Instagram.

BACA JUGA:

Zomato Beri Cuti Haid Bagi Pekerja Perempuan

Pihak Prepear menggambarkan tindakan tersebut sebagai pukulan besar bagi Prepear. Meski demikian, mereka berkeras mempertahankan logo mereka. "Kami menetapkan niat untuk mempertahankan logo asli dan mengirim pesan ke perusahaan teknologi besar bahwa penindasan terhadap bisnis kecil memiliki konsekuensi," ujar mereka tegas.

apple dan prepear
Prepear yakin pihaknya tak bersalah. (foto: the verge)

Salah satu upaya yang dilakukan Prepear ialah meluncurkan petisi di Change.org dalam upaya untuk membujuk Apple menghentikan tuntutan mereka terhadap logo Prepear. Mereka juga berharap petisi tersebut menghentikan perusahaan teknologi besar menyalahgunakan posisi kekuasaan mereka dengan mengejar bisnis kecil yang tengah berjuang lolos dari dampak buruk ekonomi karena COVID-19.

Prepear mengatakan ini merupakan bisnis yang sangat kecil dengan hanya lima anggota tim. Biaya hukum dari sengketa logo tersebut telah menelan biaya ribuan dolar dan berakibat pada pemberhantian seorang anggota tim.

"Apple menentang aplikasi merek dagang untuk bisnis kecil kami, Prepear, menuntut kami mengubah logo berbentuk buah pir, yang digunakan untuk mewakili merek kami dalam manajemen resep dan bisnis perencanaan makanan. Sebuah bisnis kecil tidak mampu membayar puluhan ribu dolar untuk melawan Apple," jelas perwakilan Prepear.

apple dan prepear
Apple versus Prepear. (Foto: Daring Fireball)

Mereka menambahan, mendapatkan serangan hukum dari salah satu perusahaan terbesar di dunia merupakan pengalaman yang sangat menakutkan bahkan ketika mereka jelas tidak melakukan kesalahan apa pun. "Kami memahami mengapa kebanyakan perusahaan menyerah begitu saja dan mengubah logo mereka," ujar mereka.

Petisi yang diluncurkan saat ini telah mencapai hampir 9.000 tanda tangan. Para pendiri berharap akan mencapai 10.000.

Prepear mengatakan sebelum mereka, Apple telah menentang lusinan aplikasi merek dagang lain yang memiliki logo berhubungan dengan buah bahkan dalam kasus logo atau industrinya tidak sama dengan milik Apple.(avia)

BACA JUGA:

Wahai Pembeli Belanja Daring, Budayakan Membaca Dong

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH