Apple Perketat Aturan App Store Terkait Aplikasi Virus Corona

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 15 Maret 2020
Apple Perketat Aturan App Store Terkait Aplikasi Virus Corona
Apple perketat aturan di App Store (Foto: pixabay/matcuz)

DITENGAH pandemi virus corona yang telah menyebar ke sejumlah negara, aplikasi tentang virus corona belakangan ini kian menjamur. Menanggapi hal itu, Apple pun tak lantas tinggal diam.

Raksasa teknologi tersebut saat ini lebih jelas dalam menerapkan aturan, seperti mengklarifikasi terlebih dahulu aplikasi mana saja yang akan diterima di App Store.

Apple akan melakukan pemeriksaan ketat untuk sejumlah aplikasi terkait virus corona yang ingin masuk di App Store (Foto: pixabay/michaelgaida)

Baca Juga:

Apple Akan Tutup Toko di Seluruh Dunia Hingga 27 Maret, Kecuali Tiongkok

Dilansir dari laman endgadget, Apple telah mengumumkan pembaruan tentang aplikasi terkait virus corona atau COVID-19, dengan aturan yang sangat ketat.

Dimana para pengembang yang menghadirkan aplikasi harus dari entitas yang diakui, seperti badan pemerintah, lembaga (pendidikan dan medis), organisasi non-pemerintah yang berfokus pada kesehatan, dan perusahaan terpercaya dalam bidang kesehatan.

Sementara itu, Apple mengungkapkan jika akan langsung menolak aplikasi hiburan yang bertemakan virus corona.

Baca Juga:

Tangkal Corona, Apple Imbau Karyawannya Tak Tawarkan Uji Coba Produk

Apple berupaya untuk mencegah hoax tentang virus corona (Foto: pixabay/pexels)

Apple pun mendorong para pengembang untuk menandai aplikasi virus corona mereka sebagai waktu yang sensitif untuk memastikan rilis tepat waktu.

Dalam hal ini Apple juga mengumumkan, pemerintah, nirlaba dan sekolah terakreditasi tak perlu membayar biaya keanggotaan pengembang tahunan, jika mereka hanya berniat untuk merilis aplikasi gratis.

Saat ini, Apple tak sendirian mengawasi sejumlah aplikasi berbahaya terkait virus corona. Karena Google baru-baru ini pun mengambil sebuah kebijakan di Play Store.

Di mana google melarang rilis yang eksploitatif dan menyesatkan. Namun bedanya, pendekatan Apple jauh lebih spesifik. Karena Apple ingin menghilangkan potensi aplikasi virus corona palsu, meski beberapa pembuat aplikasi bermaksud baik. (ryn)

Baca Juga:

Cegah Corona, Samsung Hadirkan Layanan Bersih-Bersih Gadget

#Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan