Apple Pencil Bisa Meniru Warna dari Dunia Nyata Memungkinkan sensor mengambil warna dari dunia nyata. (Foto: macrumors)

MINGGU lalu, Apple mengajukan hak paten ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Dengan demikian masyarakat dapat segera melihat sample warna dari Pensil Apple yang berasal dari dunia nyata. Paten menguraikan stylus komputer yang mungkin memiliki sensor warna.

Sensor ini akan memiliki fotodetektor yang dapat mengukur cahaya dari saluran warna yang berbeda. Ini akan memungkinkannya untuk mengambil sample warna dari objek dunia nyata dan dibuat ulang kembali. Lebih lanjut Apple menambahkan bahwa fungsi sensor warna dapat ditempatkan di bagian ujung stylus atau digabungkan di bagian ujung melalui panduan cahaya.

Baca juga:

Deretan Gadget Apple yang Masih akan Kebagian Sistem Update Terbaru

1
Sesnor juga bisa dipakai untuk mengkalibrasi tampilan. (Foto: patentlyapple)

"Sensor warna mungkin memiliki sejumlah fotodetektor yang masing-masing akan mengukur cahaya untuk masing-masing saluran warna yang berbeda. Sensor warna dapat memiliki satu atau lebih perangkat pemancar cahaya. Dilansir laman Interesting Engineering, sirkuit kontrol dapat menggunakan perangkat pemancar cahaya. Berguna untuk menerangi eksternal objek saat menggunakan fotodetektor. Untuk mengukur cahaya yang dipantulkan agar dapat menentukan warna objek eksternal," menurut isi paten.

Teknologi ini akan memungkinkan orang hanya cukup mengarahkan ujung Pensil Apple ke objek apa pun dengan balutan warna yang mereka sukai. Lalu melihat warna ditransfer ke palet warna dalam program menggambar. Dari situ, warna dapat ditugaskan ke kuas.

Apple juga mengklaim bahwa sensor warna dapat digunakan untuk keperluan lain seperti mengkalibrasi tampilan dan printer. Dapat pula dipakai untuk melakukan pengukuran yang berhubungan dengan kesehatan. Masih terdengar terlalu jauh untuk menjadi kenyataan? Harus dicatat bahwa sensor optik semacam itu telah ada.

Baca juga:

Apple akan Merilis Sembilan iPhone Baru Tahun Ini?

2
Fungsi sensor warna dapat ditempatkan di bagian ujung stylus. (Foto: mobygeek)

Apple sudah dapat mengambil contoh warna dari komputer. Lalu mengapa tidak dari dunia nyata? Perlu diingat bahwa Apple mengajukan banyak paten untuk produk yang tidak pernah melihat cahaya.

Saat ini, Apple belum merilis pernyataan tentang pengambilan sampel warna di dunia nyata. Jadi masih aman untuk diasumsikan bahwa setidaknya untuk saat ini, itu tidak terjadi. Tapi siapa yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. (lgi)

Baca juga:

Apple Tengah Uji Coba Produksi Kacamata AR, seperti Apa Kecanggihannya?

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH