Apple Mulai Kerjakan MacBook Pro dengan Layar OLED

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 14 November 2023
Apple Mulai Kerjakan MacBook Pro dengan Layar OLED
MacBook dengan layar OLED telah ditunggu banyak orang. (Foto: Unsplash/Yu Hai)

APPLE diperkirakan akan segera merilis iPad pertama yang dilengkapi dengan panel layar OLED. iPad dengan layar OLED tersebut dirumorkan akan tiba pada 2024, dan dimulai dengan iPad Pro. Namun, orang yang menunggu MacBook Pro dengan layar OLED nampaknya harus terus menunggu selama beberapa tahun lagi.

Dilansir oleh 9to5Mac, Kamis (9/11), dalam sebuah catatan investor baru serta analis Jeff Pu dari Haitong Intl Tech Research menguatkan, sejumlah laporan yang mengatakan bahwa versi OLED dari iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci sedang dalam pengerjaan untuk tahun depan. Pu mencatat bahwa Apple menargetkan pengiriman iPad Pro OLED sebanyak 10 juta unit pada 2024.

Baca juga:

Face ID akan Hadir di MacBook

Panel layar OLED cocok untuk digunakan pada perangkat dengan desain tipis. (Foto: Unsplash/AB)

Sementara untuk MacBook Pro, dalam laporan itu Pu mengatakan bahwa Apple berencana memperbarui model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan layar OLED sekitar tahun 2026. Saat ini, MacBook Pro masih menggunakan layar mini-LED, yang Apple beri merek sebagai ‘Liquid Retina XDR’.

Meskipun layar mini-LED yang digunakan di MacBook Pro mendapat banyak pujian, panel layar OLED memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Apple sendiri sebenarnya telah menggunakan layar OLED untuk iPhone sejak iPhone X.

Layar OLED dikenal dengan rasio kontrasnya yang sangat baik karena setiap piksel memancarkan cahayanya sendiri, sehingga menghasilkan warna hitam yang lebih pekat saat piksel dimatikan. Ini juga dapat membantu meningkatkan sudut pandang. Panel OLED juga bisa lebih tipis dan lebih fleksibel dibandingkan mini-LED, sehingga ideal untuk desain perangkat yang lebih ramping.

Baca juga:

Apple Dirumorkan Rancang MacBook Entry-level untuk Saingi Chromebook

Layar OLED memiliki rasio kontras yang sangat baik. (Foto: Unsplash/Tianyi Ma)

Sisi negatifnya, layar OLED lebih rentan terhadap screen burn-in (layar meninggalkan bekas gambar). Burn-in disebabkan oleh gambar statis yang tertinggal di layar dalam jangka waktu lama. Jika ini terjadi, tanda gambar tersebut akan tetap terlihat di layar.

Misalnya ikon baterai yang selalu ada di posisi yang sama akan meningalkan bekas bentuk ikon itu ketika pengguna sedang menonton video dalam layar penuh, atau ketika membuka aplikasi lain.

Apple juga dilaporkan sedang mengerjakan MacBook Air versi OLED. Namun, ekspektasi saat ini adalah OLED akan hadir di MacBook Pro terlebih dahulu dan kita harus menunggu beberapa tahun lagi. (kna)

Baca juga:

Apple Akhirnya Luncurkan MacBook Pro dengan Chip M3

#Teknologi #Apple
Bagikan
Ditulis Oleh

Krisna Bagus

work smart, play hard.
Bagikan