Apple Ganti Bahan Kulit dengan Bahan ‘FineWoven’ pada Berbagai Aksesorinya

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 13 September 2023
Apple Ganti Bahan Kulit dengan Bahan ‘FineWoven’ pada Berbagai Aksesorinya
Apple klaim FineWoven terbuat dari 68 persen bahan daur ulang. (Apple)

SELAIN iPhone dan Apple Watch baru, Apple juga mengumumkan langkahnya dalam menghilangkan aksesori berbahan kulit. Sebagai pengganti Apple menghadirkan bahan premium yang disebut FineWoven. Itu hadir dalam lima warna untuk casing iPhone 15, dompet MagSafe, tali jam Apple Watch, dan banyak lagi.

Apple memiliki segmen khusus dalam acara Wonderlust-nya untuk membahas dampak terhadap lingkungan. Salah satu inisiatif perusahaan itu adalah dengan menghilangkan bahan kulit di seluruh jajaran aksesorinya.

Baca Juga:

Apple Watch Ultra 2 Hadir dengan Layar Lebih Terang

gawai
Apple hadirkan lima opsi warna casing FineWoven untuk iPhone 15. (Apple)

FineWoven adalah pilihan bahan premium baru dari Apple dan menggunakan hampir 70 persen bahan daur ulang. Perusahaan itu mengatakan bahwa FineWoven terbuat dari kain kepar (salah satu jenis tenun) mikro yang tahan lama, dan bahan itu terasa lembut seperti bahan suede.

Bahan FineWoven juga dirancang dengan mempertimbangkan dampak terhadap Bumi. Apple mangklaim bahan itu terbuat dari 68 persen bahan daur ulang pasca-konsumen dan secara signifikan mengurangi emisi karbon dibandingkan dengan kulit.

Meskipun Apple mengatakan FineWoven tahan lama, namun mereka menyatakan bahwa dapat menunjukkan keausan seiring waktu. Perusahaan juga mengatakan bahwa penggunaan MagSafe pada casing FineWoven untuk iPhone akan meninggalkan sedikit bekas, dan jika kedengarannya tidak ideal, terdapat opsi lain seperti Silicone atau Clear Case.

Pada jajaran casing Fine Woven untuk iPhone, Apple menghadirkan lima pilihan warna, yakni Mulberry (merah), Evergreen (hijau), Taupe (coklat), Pacific Blue (Biru), dan Hitam. Casing baru untuk seluruh tipe dan model iPhone 15 ini akan dijual dengan harga USD59 (Rp907.532) di AS. Terdapat juga dompet tambahan untuk casing (dijual terpisah) pilihan warna yang sama seperti casing dijual dengan harga yang sama.

Baca Juga:

Apple Rilis iPhone 15, Gunakan Kamera 14 Pro

gawai
Tali magetik baru untuk Apple Watch baru juga gunakan FineWoven. (Apple)

Apple juga akan menggunakan bahan FineWoven di aksesori gantungan kunci untuk AirTag-nya. Pilihan warnanya sama seperti pilihan warna casing iPhone kecuali warna Evergreen yang diganti dengan warna Merah Coral.

Tali magetik baru untuk Apple Watch baru juga akan menggunakan bahan FineWoven. Pilihan warnya juga sama dengan pilihan warna casing iPhone.

Selain tali magnetik baru ini, Apple juga menjual berbagai model baru tali untuk Apple watch, seperti Sport Band, Sport Loop, Nike ,Sport Loop, Nike Sport Band, Braided Solo Loop, Solo Loop, Alpine Loop, Trail Loop, Ocean Band, Hermés Toile H Single Tour, Hermés Jump Single Tour, Hermés Bridon Single Tour, dan Hermés Bridon Double Tour.

Tali jam versi kolaborasi dengan Nike ataupun Hermés akan tetap menggunakan bahan FineWoven sebagai penggati kulit atau menggunakan silikon hasil daur ulang untuk tali jam model karet. (kna)

Baca Juga:

Tiga Produk Apple yang Mungkin Tak Diluncurkan di Wonderlust 2023

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan