Apple Buat Dua Layanan Berlangganan, Apple TV Plus dan Apple Arcade Dua layanan terbaru milik Apple (Foto: YouTube/Apple)

TAK hanya merilis iPhone 11 dan Apple Watch seri 5 saja, Apple kemarin (11/9) juga mengumumkan dua layanan berlangganan miliknya. Layanan tersebut adalah Apple TV Plus dan Apple Arcade.

Apple TV Plus adalah layanan penyedia acara-acara eksklusif milik apple. Sedangkan Apple Arcade menyediakan game dari pengembang yang telah bekerjasama dengan Apple secara gratis.

Apple TV Plus

Berbagai tayangan eksklusif yang akan dihadirkan lewat layanan Apple TV Plus (Foto: Youtube/apple)
Berbagai tayangan eksklusif yang akan dihadirkan lewat layanan Apple TV Plus (Foto: Youtube/apple)

Biaya berlangganan Apple TV Plus yaitu US$ 4,99 atau Rp70 ribu per bulan. Biaya ini lebih kecil dibandingkan dua kompetitornya yaitu Netflix US$ 9 atau Rp126 ribu dan Disney+ USD 6,99 atau Rp98 ribu.

Terlebih lagi, enam anggota keluarga dapat menggunakan layanan Apple TV Plus dengan sekali pembayaran tersebut. Hal ini tentu saja menjadi kelebihan bagi Apple TV Plus.

Baca juga:

Sambut Halloween, Vans Gandeng Film 'The Nightmare Before Christmas'

Akan tetapi apakah harga yang murah tersebut membuat orang-orang mau berpindah ke layanan milik Apple ini? Jawabannya tergantung dari acara yang dapat disediakan Apple. Namun, Apple nampaknya siap menjawab pertanyaan tersebut.

Dilansir dari techradar, Steven Spielberg mengumumkan bahwa ia akan menghidupkan kembali banyak seri antologi yang luar biasa dari pertengahan tahun 80-an. Salah satunya seri The Morning Show.

Artis ternama yang bermain di seri tersebut di antaranya Jennifer Ashton, Reese Witherspoon, dan Steve Carrell. CEO Apple Tim Cook dengan bangga mengumumkan The Morning Show sebagai salah satu acara televisi yang paling banyak ditonton. Bahkan lebih dari 100 juta kali.

Tapi bukan berarti Apple hanya mengandalkan acara The Morning Show saja. Banyak acara yang disiapkan agar Apple TV Plus dapat bertanding dengan para kompetitornya. Misalnya For All Mankind, See, Dickinson, Snoopy in Space, Ghostwriter dan Oprah Winfrey.

"Misi kami yaitu membawa cerita orisinal terbaik untuk kalian dari orang-orang paling kreatif di dunia pertelevisian dan film," ucap Cook pada acara Apple kemarin.

Apakah Apple benar-benar dapat melakukan tersebut? Kita hanya bisa menunggu jawabannya setelah Apple TV Plus telah berjalan mulai tanggal 1 November.

Apple Arcade

Banyak sekali pengembang yang berhasil digaet oleh Apple (Foto: YouTube/Apple)
Banyak sekali pengembang yang berhasil digaet oleh Apple (Foto: YouTube/Apple)

Biaya berlangganannya sama seperti Apple TV Plus, yaitu USD4,99 atau Rp70 ribu per bulan. Pembayaran tersebut juga termasuk fitur 'Family Sharing'. Layanan ini akan diluncurkan pada tanggal 19 September di lebih dari 150 negara.

Rencananya, Apple akan memberikan satu bulan gratis pada saat peluncuran. Soal game, akan ada lebih dari 100 game dari banyak pengembang video game. Game-game tersebut dapat dimainkan di berbagai perangkat Apple seperti iPhone, iPad, iMac, bahkan Apple TV.

Berbeda dengan Apple Plus TV yang kesuksesannya masih dipertanyakan, Apple Arcade nampaknya siap menjadi terdepan dalam layanan berlangganan video game. Hal ini karena Apple berhasil menggandeng banyak pengembang ternama di industri video game.

Di antaranya Ubisoft, Konami, Capcom, Square Enix, SEGA dan masih banyak lagi. Beberapa pengembang 'indie' pun siap memberikan judul game 'ekslusif' bagi Apple untuk menambah daya tarik dari Apple Arcade.

Apple kemarin (11/9) menunjukkan beberapa game yang nantinya hadir pertama kali pada Apple Arcade. Seperti game terbaru dari seri Frogger berjudul Frogger in Toy Town buatan Konami dan Shinsekai: Into The Depths buatan Capcom.

Baca juga:

Fakta-Fakta Apple Watch Series 5, Si Canggih dengan Riset Kesehatan

Kesempatan kesuksesan Apple Arcade juga besar karena mereka memiliki pasarnya sendiri, yaitu pengguna produk Apple. Saat ini Apple belum memiliki kompetitor serupa di pasar mobile. Setidaknya untuk beberapa bulan.

Google berencana membuat layanan serupa bernama Google Play Pass. Namun hingga hari penulisan berita ini (12/9), belum ada informasi mengenai Google Play Pass. (sep)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH