Teknologi

Apple Bakal Izinkan Pengguna Instal Aplikasi tanpa App Store

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 15 Desember 2022
Apple Bakal Izinkan Pengguna Instal Aplikasi tanpa App Store
Kemungkinan diimplementasikan 2024. (Foto: Apple)

PERATURAN terbaru Uni Eropa tampaknya akan mengubah sejumlah kebijakan yang dikeluarkan oleh Apple pada pembaruan iOS 17 nan bakal dirilis tahun depan. Laman The Verge pada Rabu (14/12) melaporkan bahwa Apple berencana mengizinkan pengguna menginstal aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga di iOS.

Pergeseran itu akan menjadi perubahan yang luar biasa dari perusahaan. Sebab, selama ini Apple terkenal hanya mengizinkan pengguna iPhone dan iPad mengunduh aplikasi dari App Store. Aturan baru itu berkat kebijakan anyar dari Digita Markets Act (DMA) Uni Eropa, yang meminta pasar digital bisa lebih terbuka.

Kebijakan tersebut berarti membuat Apple bukan hanya akan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga beredar bebas bagi pengguna iOS, tapi juga memungkinkan pengguna menginstal aplikasi secara bebas yang bisa diunduh melalui laman web yang tidak diawasi Apple alias sideloading.

Baca juga:

Begini Cara Mengoperasikan Sirene di Apple Watch Ultra

Pengguna tak lagi harus menginstal aplikasi dari App Store. (Foto: Apple)

Jajaran eksekutif Apple sebelumnya mengatakan bahwa kegiatan sideloading seperti itu merupakan pintu masuk bagi bahaya virus, malware, dan kejahatan siber. Namun, UE tetap menetapkan jadwal terkait pemberlakuan aturan tersebut untuk dipatuhi Apple.

UE menegaskan bahwa tenggat waktu terakhir untuk para pengembang sistem operasi agar dapat mematuhi undang-undang itu adalah 6 Maret 2024 mendatang. Namun, masih ada sejumlah langkah yang dikatakan Apple dapat membuat mereka tetap memegang kendali.

Misalnya, perusahaan sedang mempertimbangkan kebijakan yang mewajibkan para pengembang aplikasi untuk mengikuti persyaratan keamanan tertentu. Selain itu, aplikasi pihak ketiga juga harus memverifikasi dengan cara tertentu, hingga dikenai biaya, agar keamanan siber tetap terjaga.

Baca juga:

Apple Memiliki Kendala Pasokan di 2022, Ada Apa?

Aplikasi App Store kemungkinan akan bisa dinikmati pengguna sistem operasi lain. (Foto: Apple)

Apple belum memutuskan bila mereka akan mengizinkan pengembang untuk menginstal aplikasi sistem pembayaran pihak ketiga. Selain itu, mereka juga belum memutuskan bila aplikasi iMessage dapat dioperasikan dengan layanan sistem operasi lainnya.

Saat ini, Apple juga tengah mengerjakan perubahan besar lainnya yang juga didorong oleh kebijakan UE. Antara lain yang baru-baru ini dikonfirmasi perusahaan, yaitu terkait upaya mereka mengikuti peraturan UE yang memaksa Apple untuk menambah opsi USB-C ke iPhone mulai 2024. (waf)

Baca juga:

Apple Music akan Menayangkan Konser Akbar dari Penyanyi Top Dunia

#Apple #Apple App Store
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan