Apple Akuisisi Modem Smartphone Intel Apple resmi bekerjasama dengan divisi modem smartphone Intel (Foto: The Verge @Jon Porter)

MELANSIR dari laman apple.com, perusahaan teknologi ternama asal Amerika tersebut dikabarkan telah mengakuisisi divisi Modem Smartphone milik Intel. Modem smartphone adalah alat di dalam sebuah smartphone yang berfungsi menyambungkan smartphone dengan internet.

Sebelumnya Apple bekerjasama dengan Qualcomm untuk produksi komponen smartphone modem perangkat Apple. Namun dengan diakusisinya divisi smartphone modem Intel, kedepannya produk-produk dari Qualcomm akan dikurangi penggunaannya oleh Apple.

Baca juga:

Apple Rilis Apple TV+, Apple News+ dan Apple Arcade

Menurut artikel dari laman The Verge, Apple mengklaim bahwa alasan kenapa mereka beralih menggunakan smartphone modem dari Qualcomm karena ada masalah di antara kedua pihak tersebut. Apple merasa bahwa Qualcomm menuntut bayaran yang terlalu tinggi untuk royalti paten produk milik Qualcomm.

Apple mengakuisisi smartphone modem Intel dengan uang senilai USD 1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun. Seperti yang dikutip dari website resmi Apple, sekitar 2.200 karyawan Intel akan bergabung dengan Apple, bersama dengan properti intelektual, peralatan, dan juga sewa.

Apple Akuisisi Modem Smartphone Intel
iPhone XI rencananya nantinya akan menggunakan modem dari hasil kerjasama ini (Foto: Cult of Mac)

Menggabungkan paten yang dimiliki Apple, saat ini mereka memiliki lebih dari 17.000 paten teknologi nirkabel, mulai dari protokol untuk standar seluler hingga arsitektur modem dan operasi modem. Kerjasama dengan Intel sebenarnya juga telah dilakukan bertahun-tahun oleh kedua perusahaan tersebut.

Baca juga:

Corsair One i160, 'PC Gaming' dengan Spesifikasi Terbaik dan Harga Fantastis

Dengan akuisisi ini, diharapkan hasil yang masksimal untuk produk-produk Apple selanjutnya. Karena Apple bisa ikut dalam proses pengembangan smartphone modem bersama Intel, dimana sebelumnya mereka hanya membeli komponon tersebut dari Qualcomm, Apple dapat mengembangkan modem yang lebih cocok dengan produk mereka.

Apple Akuisisi Modem Smartphone Intel
Intel harap dapat lampaui Qualcomm dalam industri modem smartphone (Foto: Tek.id)

Demikian pula dengan Intel, Intel juga berharap dapat mengembangkan produk yang lebih baik lagi. Terlebih lagi pada era komunikasi dengan jaringan 5G nanti. Intel juga berharap dengan kerjasama ini Intel dapat melampaui Qualcomm yang sering dianggap lebih baik dibanding Intel soal produk smartphone modem.

Seperti yang dikatakan CEO Intel, Bob Swan, "Perjanjian ini memungkinkan kami untuk fokus pada pengembangan teknologi untuk jaringan 5G sambil mempertahankan kekayaan intelektual kritis dan teknologi modem yang telah dibuat oleh tim kami." Melihat kerjasama ini, kira-kira akan seperti apa ya produk Apple kedepannya? (sep)

Baca juga:

Jam Pintar Apple vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul?


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH