Teknologi

Apple Akhirnya Meluncurkan iPadOS 16 dan iOS 16.1

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 25 Oktober 2022
Apple Akhirnya Meluncurkan iPadOS 16 dan iOS 16.1
Pembaruan iPadOS 16 akan semakin meningkat untuk iPad M1 dan M2. (Foto: Apple)

APPLE akhirnya merilis sistem operasi teranyar untuk iPad yakni iPadOS 16 bersamaan dengan perilisan sistem operasi untuk iPhone yaitu iOS 16.1. Setelah hampir satu bulan tertunda perilisannya, iPadOS terbaru memberikan pengalaman multitasking yang bernama Stage Manager.

Melansir laman GSM Arena, Selasa (25/0), Stage Manager hanya akan tersedia di model iPad Pro 12.9 inci generasi ketiga dan keluaran terbaru, seluruh iPad Pro 11 inci, dan iPad Air terbaru.

Dengan fitur ini pengguna bisa secara otomatis menyusun aplikasi dan tampilannya, hingga melakukan berbagai penyesuaian tampilan aplikasi sesuai dengan kebutuhannya.

Keandalan fitur tersebut akan semakin ditingkatkan dengan pembaruan di akhir tahun untuk iPad M1 dan M2, sehingga tampilan eksternal penuh untuk Stage Manager bisa mencapai resolusi 6K.

Baca juga:

9 Pengumuman Besar Apple di Acara Far Out 2022

Apple Akhirnya Meluncurkan iPadOS 16 dan iOS 16.1
Stage Manager jadi fitur andalan iPadOS 16. (Foto: Apple)

iPadOS juga membawa lebih banyak fitur baru untuk aplikasi Pesan, seperti melalukan penyuntingan, lalu ada juga pembatalan pengiriman, serta menandai pesan yang belum dibaca.

Hal yang sama juga bisa didapatkan untuk aplikasi Mail, serta beberapa pembaruan lainnya yang bisa dieksplorasi langsung oleh pengguna. Dalam iPadOS 16, Apple juga membawa dukungan perpustakaan foto bersama di iCloud, peningkatan keamanan, serta Safari.

Baca juga:

Begini Cara Mengoperasikan Sirene di Apple Watch Ultra

Apple Akhirnya Meluncurkan iPadOS 16 dan iOS 16.1
iOS 16.1 menghadirkan pembaruan dan berbagai perbaikan bug. (Foto: Macrumors)

Sementara itu, untuk pembaruan di sistem operasi iOS 16.1, Apple membawa dukungan serupa yaitu perpustakaan foto bersama di iCloud.

Lalu ada juga peningkatan serta perbaikan dari bug-bug yang dilaporkan di sistem operasi sebelumnya. Sistem operasi ini juga mendukung konektivitas baru untuk rumah pintar mengikuti standar Matter.

Selain iPad OS 16 dan iOS 16.1, Apple juga merilis pembaruan sistem untuk jam tangan pintar serta TV-nya yaitu watchOS 9.1 serta tvOS16.1.

Seperti sebelumnya, pembaruan sistem operasi Apple akan tersedia secara bersamaan dan menghadirkan notifikasi bagi penggunanya. Namun apabila anda tidak menerimanya, ada baiknya anda melakukan pemeriksaan manual untuk mendapatkan pembaruan tersebut. (*)

Baca juga:

Apple Perkenalkan iPad Pro Terbaru dengan Chipset M2

#Apple #IPad #IPhone #IOS #Apple Watch
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan