Teknologi

Apple akan Akhiri Kemitraan dengan Goldman Sachs

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 30 November 2023
Apple akan Akhiri Kemitraan dengan Goldman Sachs
Apple akan akhiri kemitraan dengan Goldman Sachs. (Foto: Apple)

KEMITRAAN antara Apple dan Goldman Sachs, yang dimulai empat tahun lalu dengan peluncuran kartu kredit Apple, tampaknya berpotensi berakhir. Demikian laporan dari The Wall Street Journal.

Mengutip Engadget (29/11), meskipun perjanjian mereka diperpanjang baru-baru ini hingga 2029, Apple mengusulkan kemungkinan pengakhiran kontrak dalam 12 hingga 15 bulan ke depan.

Keduanya bekerja sama meluncurkan rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi pada April tahun ini. Namun, ada tanda-tanda bahwa Goldman Sachs tidak terlalu kecewa dengan kemungkinan perpisahan tersebut.

Baca juga:

Apple Luncurkan Rekening Tabungan dengan Bunga 4,15 Persen

Masa depan Apple Card menjadi tidak pasti. (Foto: Apple)

Bulan lalu, laporan mengungkapkan niat bank untuk keluar dari bisnis pinjaman konsumen dan bahkan telah menyampaikan kepada Apple mengenai keinginannya untuk mengakhiri perjanjian tersebut, sambil mendekati American Express untuk mengambil alih operasinya.

Goldman Sachs, baru-baru ini, juga mengambil langkah untuk menjual perusahaan pinjaman perbaikan rumah Green Sky dan merencanakan pengakhiran kemitraan kartu kredit dengan General Motors.

Ini mencerminkan usaha Goldman dalam mendiversifikasi operasinya di luar klien korporat dan kelompok sangat kaya, yang berisiko menyebabkan kerugian besar sebelum kembali ke aspek bisnis pokoknya. Bank ini telah memberi tahu karyawannya bahwa setiap pemutusan hubungan kerja akan mencakup gaji setahun.

Dalam tanggapan terhadap laporan ini, perwakilan Apple menyatakan fokus mereka pada memberikan pengalaman luar biasa bagi pelanggan untuk membantu mereka mengelola kehidupan finansial yang lebih sehat.

Baca juga:

Apple MacBook Pro Terbaru Siap Rilis, Cek Spesifikasinya

Apple tak berniat tutup layanan Apple Card. (Foto: Apple)

Mereka menyoroti kesuksesan Apple Card yang telah mendapat sambutan positif dari konsumen dan berjanji untuk terus berinovasi serta memberikan alat dan layanan terbaik bagi pelanggan mereka.

Namun, sepanjang kemitraan ini, terlihat adanya ketidakcocokan antara Apple dan Goldman Sachs baik dari perspektif internal maupun eksternal. Karyawan Goldman mengungkapkan rasa frustrasi terkait jadwal pembayaran dan persyaratan persetujuan aplikasi yang sangat massal.

Di sisi lain, pelanggan melaporkan pengalaman buruk dengan layanan pelanggan bank, termasuk penundaan transfer dan interaksi kurang memuaskan dengan perwakilan bank.

Masa depan kartu kredit Apple dan rekening tabungan dengan bunga tinggi tetap tidak pasti. Sementara itu, Synchrony Financial, yang telah menjajaki pengambilalihan peran Goldman dalam program tersebut, menjadi salah satu kemungkinan penerus yang potensial. (waf)

Baca juga:

Apple Rilis AirPods Max, Simak Fitur Menariknya

#Apple #Finansial #Bisnis
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan