Teknologi

App Store Hadirkan Fitur Aplikasi 'Rahasia', Apa itu?

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 02 Februari 2022
App Store Hadirkan Fitur Aplikasi 'Rahasia', Apa itu?
Apple App Store hadirkan fitur baru yang cukup menarik (Foto: Pixabay/matcuz)

APPLE App Store memiliki sebuah fitur baru yang cukup unik dan menarik. Fitur tersebut yakni menyimpan aplikasi unlisted atau tidak terdaftar.

Mengenai kegunaanya, lewat pilihan unlisted tersebut, developer dapat memasukan aplikasi ke dalam App Store, tapi tidak akan muncul pada pencarian, dafar aplikasi terpopuler, aplikasi rekomendasi dan sejenisnya.

Baca Juga:

Tim Cook Apple Khawatir Apple Hanya Dipakai untuk Media Sosial

Pilihan unlisted cocok digunakan untuk audiens yang terbatas (Foto: Pixabay/399097)

Aplikasi tersebut hanya dapat ditemukan lewat tautan langsung yang diberikan oleh developer atau pihak terkait seperti admin, lewat Apple Business Manager dan Apple School Manager.

Seperti yang dilansir dari laman The Verge, menurut Apple, pilihan unlisted tersebut cocok digunakan untuk audiens yang terbatas. Seperti halnya tamu di acara khusus, anggota organisasi, partisipan pada sebuah riset, hingga karyawan di perusahaan tertentu. Jadi, aplikasinya memang tidak dapat diakses secara umum.

Bagi para developer yang ingin mengaktifkan opsi tersebut, terlebih dahulu harus mendaftarkan permintaan pada Apple. Hal itu untuk mendapatkan tautan khusus ke aplikasi buatan developer tersebut.

Sementara itu, khusus untuk membuat aplikasi di Apple Business Manager atau Apple School Manager, sang developer perlu melakukan sejumlah langkah tambahan.

Baca Juga:

Ini Alasan Apple Sempat Ingin Singkirkan Facebook dari App Store

Developer perlu melakukan sejumlah langkah tambahan untuk membuat aplikasi di Apple Business Manager atau Apple School Manager (Foto: Pixabay/michaelgaida)

Developer perlu mengunggah binary aplikasinya melalui "create a new app record in App Store" serta menyalakan pilihan distribusi 'Public'.

Untuk developer dengan aplikasi yang sudah terdaftar di App Store, secara publik dapat mendaftarkan permintaan, tanpa perlu tambahan langkah.

Kemudian, setelah Apple menyetujui permintaan tersebut, metode distribusi aplikasi akan diubah menjadi unlisted app, dan akan berlaku untuk setiap update aplikasi tersebut. Perlu diketahui, seluruh aplikasi 'Rahasia' tersebut harus berada di tahap final, bukan pada tahap beta. (Ryn)

Baca Juga:

Lebih dari 5.000 Orang Tandatangani Petisi Penolakan Fitur Baru Apple

#Teknologi #Apple App Store
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan