Aplikasi “TikTok” dari Youtube Bisa Gunakan Audio Youtuber Aplikasi “TikTok” dari YouTube bisa gunakan audio dari Video YouTube. (Foto: YouTube)

MAMPU mengambil sampel audio dari video pengguna lain adalah salah satu kekuatan terbesar TikTok. Fitur tersebut memungkinkan sebuah meme meresap ke seluruh platform dan memungkinkan pengguna menemukan konten baru dengan menonton video dengan suara yang sama.

Dilansir dari The Verge, Senin (7/6), dalam waktu dekat YouTube akan memperluas fitur ini di aplikasi mirip TikToknya, yakni Shorts. Perluasan fitur itu akan memungkinkan pengguna mengambil sampel suara dari konten apa pun yang diunggah ke YouTube.

Baca juga:

YouTube Siapkan Dana Segar Untuk Saingi TikTok

YouTube secara resmi mengumumkan fitur ini bulan lalu melalui sebuah unggahan di laman dukungan komunitasnya. Tetapi, kabarnya fitur ini akan menjadi bagian dari peluncuran Shorts di Inggris, Kanada, dan sejumlah negara Amerika Latin termasuk Argentina, Brasil, Chili, Meksiko, Kolombia, Peru, dan Venezuela. Alat pengambilan sampel YouTube kemudian akan diluncurkan ke pasar Shorts lainnya.

Fitur ini dianggap bermasalah. (Foto: The Verge/YouTube)

Pengguna Shorts sudah dapat menggunakan suara dari video Shorts lainnya, serta dari perpustakaan musik berlisensi. Tetapi pembaruan ini akan sangat memperluas audio yang dapat mereka akses dengan sangat mudah.

Fitur ini akan menyalurkan pengguna YouTube ke fitur Shorts-nya melalui tombol "Buat" baru di aplikasi seluler. Tombol ini akan muncul di bawah video di sebelah tombol suka dan tidak suka. Dengan mengkliknya akan memberi pengguna opsi untuk mencicipi audio video di Shorts.

Baca juga:

YouTube Umumkan Jumlah Tayangan Video yang Melanggar Aturan

"Pengguna Shorts dapat membuat sesuatu dengan sampel audio, dan pembuat audio akan “mungkin mendapatkan traffic atau exposure dari itu. Dari perspektif pencipta audio, saya pikir banyak orang bersemangat untuk membuat remix karya mereka,” kata pemimpin produk YouTube untuk Shorts, Todd Sherman.

Namun, tidak semua kreator senang dengan hal ini. Para YouTuber mengeluh bahwa ini akan membuat orang "mencuri" konten mereka.

Cuitan salah seorang pengguna mengenai fitur ini. (Foto: Twitter MysticatLive)

Fitur pengambilan sampel audio dari YouTube juga dapat menimbulkan masalah lain. Sejumlah besar konten telah diunggah ke YouTube selama bertahun-tahun, sebagian besar bersifat sensitif atau pribadi. Pengunggah konten ini tidak selalu ingin video mereka dijadikan sampel karena hal ini dapat memungkinkan pelecehan atau penyalahgunaan.

Sherman mengatakan YouTube menyadari potensi masalah ini, tetapi diskusi perusahaan dengan pembuat konten menunjukkan lebih banyak kegembiraan.

"Ada beberapa kekhawatiran tentang contoh video yang mungkin dianggap pribadi atau sensitif dan itulah sebabnya pembuat konten meminta kemampuan untuk tidak ikut serta. Tetapi mereka juga tampaknya menyadari bahwa itu tidak akan berhasil jika mereka memilih untuk ikut serta secara selektif,” kata Sherman panjang lebar.

YouTube awalnya meluncurkan Shorts September lalu di India sebelum membawa fitur tersebut ke AS pada Maret. Bulan lalu, perusahaan mengumumkan rencana untuk membayar total USD 100 juta kepada pembuat untuk menggunakan aplikasi. Meskipun tidak jelas berapa banyak yang akan dapat oleh masing-masing creator. (kna)

Baca juga:

Rusia akan Larang Facebook, Twitter, dan YouTube

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hebohnya Gegayaan Ibu-Ibu Senam Negeri Aing
Fun
Hebohnya Gegayaan Ibu-Ibu Senam Negeri Aing

Legging leopard adalah 'koentji'.

Deretan Hal Penting Tentang 5G di Indonesia
Fun
Deretan Hal Penting Tentang 5G di Indonesia

Kenali sejumlah informasi penting tentang 5G di Indonesia.

Yuk Minta Maaf dan Koreksi Kebiasaan Sehari-Hari yang Berakibat Fatal Bagi Kucing Domestik
Hiburan & Gaya Hidup
Apple Bakal Produksi Mobil di 2024?
Fun
Apple Bakal Produksi Mobil di 2024?

Apple sedang mempertimbangkan untuk memproduksi mobil futuristik.

‘Crash Landing on You’ Ternyata Bukan dari Kisah Nyata
ShowBiz
‘Crash Landing on You’ Ternyata Bukan dari Kisah Nyata

Crash Landing on You membawa dampak yang besar bagi para penonton.

GAIKINDO Optimis Kebijakan PPnBM Bisa Dongkrak Industri Otomotif
Fun
GAIKINDO Optimis Kebijakan PPnBM Bisa Dongkrak Industri Otomotif

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Menyambut baik dua kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah, terkait dengan industri kendaraan bermotor.

Resep Apple Pie Crumble Kekinian, Cocok Buat Dessert Sore Hari
Fun
Resep Apple Pie Crumble Kekinian, Cocok Buat Dessert Sore Hari

Cara membuat appe pie crumble gampang kok.

(HOAKS atau FAKTA) : Hirup Uap Air Panas Dua Kali Sehari Ampuh Tangkal COVID-19
Fun
Foreign Branding Bikin Brand Made In Negeri Aing Dikira Produk Impor
Hiburan & Gaya Hidup
Foreign Branding Bikin Brand Made In Negeri Aing Dikira Produk Impor

Punya nama asing catchy dapat menarik konsumen untuk membeli.

Magic Keyboard Apple masih Kompatibel pada iPad Pro Baru
Hiburan & Gaya Hidup
Magic Keyboard Apple masih Kompatibel pada iPad Pro Baru

Magic Keyboard generasi pertama dengan nomor model A1998 secara fungsi akan kompatibel dengan iPad Pro 202.