Aplikasi Sadayana, Layanan Publik Terintegrasi Secara Digital Ala Kota Bandung

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 09 Maret 2022
Aplikasi Sadayana, Layanan Publik Terintegrasi Secara Digital Ala Kota Bandung
Aplikasi Sadayana. (Foto: Humas Kota Bandung)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Bandung terus melakukan inovasi layanan masyarakat lewat teknologi terkini. Bahkan, layanan teranyar memadukan semua layanan publik secara terintegrasi lewat satu aplikasi.

Layanan ini dinamakan Bandung Sadayana atau Semua Digital Layanan Kota. Layanan bisa diunduh di Play Store bernama Bandung Smart City.

Baca Juga:

Waspada Aplikasi Antivirus Pembobol 'M-Banking' di Play Store

"Aplikasi ini berperan sebagai wadah literasi digital dan kolaborasi masyarakat kota Bandung," Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana dalam keteranganya, Rabu (9/3).

Ia memaparkan, lewat aplikasi ini, masyarakat dapat berperan aktif dengan berbagi info, event, ide, dan layanan digitalnya melalui aplikasi ini.

"Keuntungan untuk masyarakat (dengan menggunakan aplikasi ini) ialah dapat dengan mudah menikmati semua layanan dalam satu platform dan dapat berperan aktiv mewujudkan Bandung Smart City dengan kreativitas dan inovasi masing-masing," ujarnya.

Ada lima fitur utama dalam aplikasi ini, antara lain: Citizen Journalism (Bandung Smart City Forum), WhatsApp bot di nomor 08112591810, Smart Event, Smart Food, dan Smart Form.

Aplikasi Sadayana. (Foto:Humas Kota Bandung)
Aplikasi Sadayana. (Foto:Humas Kota Bandung)

Selain itu, ada pula fitur pendukung yang terintegrasi dengan berbagai layanan digital pemerintah, start up di Kota Bandung Bandung dan instansi lainnya seperti: layanan kependudukan, perizinan, perpajakan, CCTV, stok darah PMI, harga pangan PD Pasar, open data, informasi Covid-19, JDIH, BPOM, tourism, LAPOR!, Call Center 112.

Yayan menyebut, beberapa layanan lainnya juga sedang dalam proses pengintegrasian. Sehingga bisa mewujudkan, masyarakat Kota Bandung, yang berperan aktif dalam kemajuan kota.

"Jadilah bagian dalam mewujudkan Bandung Smart City dengan membangun kolaborasi kreativitas dan inovasi di Bandung Sadayana," katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Google Blokir Aplikasi Dua Media Rusia

#Aplikasi #Bandung #Pelayanan Publik
Bagikan
Bagikan