Aplikasi iTunes untuk MacOS Resmi Dihentikan Aplikasi penyimpanan dan pemain media milik Apple iTunes dihentikan. (Foto HipWallpaper)

HARUS diakui jika iTunes selama ini menjadi aplikasi pemain, penyimpanan, dan bahkan pembelian musik di MacOS. Tak hanya musik saja, iTunes bahkan juga melayani film, acara televisi dan juga Podcasts. Namun datangnya update Catalina untuk MacOS menjadi akhir bagi iTunes.

Yap! Orang-orang yang mengunduh update terbaru tersebut tidak dapat melihat iTunes lagi. Tapi tenang saja para pengguna Mac karena Apple telah menyiapkan tiga aplikasi yang siap menggantikan tugas iTunes.


Baca Juga:

Tandingi Apple Arcade, Google Buat Play Pass

itunes
Ketiga aplikasi yang akan menggantikan tugas iTunes (Foto: Apple)


Ketiga aplikasi tersebut yaitu Apple Music, Apple TV, dan Podcasts. Semua yang ada di librarymu akan secara otomatis masuk ke dalam library aplikasi-aplikasi tersebut. Tentunya sesuai dengan jenis berkasnya. Semua musikmu akan masuk ke library Apple Music. Film dan acara-acara TV masuk ke library Apple TV. Begitu pula dengan podcasts.

Meski aplikasi iTunes sendiri mulai diberhentikan, kamu tetap dapat membeli musik, film dan lain-lainnya yang kamu melalui iTunes store. Yang dapat kamu akses lewat ketiga aplikasi tersebut. Atau mungkin kamu bisa berpindah ke layanan berlangganan Apple Music dan Apple TV +.

Buat kamu yang masih belum bisa move on dengan iTunes, kamu masih dapat menggunakannya selama tidak mengunduh update Catalina. Tapi dengan begitu kamu juga tidak mendapatkan kelebihan yang dibawa Catalina.

Baca Juga:

Apple Rilis iOS 13.1.1 Atasi Bug Kibor dan Baterai

Apa aja kelebihan tersebut? Yang pertama yaitu fitur Sidecar. Dengan fitur ini iPad milikmu bisa jadi layar kedua untuk Macmu. Jadi kamu seakan-akan memiliki layar portabel yang tentunya akan berguna untuk situasi-situasi tertentu.

Yang kedua yaitu fitur Voice Control. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan kamu mengendalikan Mac milikmu sepenuhnya dengan suara. Satu fitur lagi yang tentunya berguna untuk dimiliki.

Ketiga, kamu juga tidak dapat mengakses layanan berlangganan terbaru Apple, Apple Arcade. Layanan khusus video game untuk produk-produk milik Apple.

Tapi jika kamu belum mengunduh dan justru tertarik dengan update Catalina, berikut cara mengunduh update tersebut:

1. Pastikan kamu memiliki penyimpanan lebih sebesar 8.8 GB
2. Hubungkan Macmu dengan internet (disarankan Wi-Fi karena ukuran Catalina besar)
3. Pastikan kamu ingat ID Apple dan password-mu
4. Usahakan 'back-up' data pentingmu terlebih dahulu
5. Buka Apple App Store dan cari MacOS Catalina di kolom pencarian
6. Unduh 'installer' Catalina
7. Ikuti perintah 'installer' sesuai yang kamu mau. (sep)

Baca Juga:

Fakta-Fakta Apple Watch Series 5, Si Canggih dengan Riset Kesehatan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH