Aplikasi iOS Terbaik di App Store Sepanjang 2019 Aplikasi terbaik dari Apple sepanjang 2019 (Foto: Apple)

RAKSASA teknologi AS, Apple, akhirnya mengumumkan aplikasi terbaik mereka sepanjang tahun 2019. Aplikasi yang diumumkan oleh produsen iPhone ini dibagi menjadi delapan kategori, yaitu iPhone App of the Year, iPad App of the Year, Mac App of the Year, Apple TV App of the Year, iPhone Game of the Year, iPad Game of the Year, Mac Game of the Year dan Apple TV Game of the Year.

Peniliaian yang dilakukan Apple untuk kesembilan kategori tersebut berdasarkan jumlah unduhan hingga review dari pengguna setelah mengunduh dan menggunakan aplikasi. Berikut daftar pemenang delapan kategori aplikasi iOS terbaik dari Apple.

Baca juga:

Edit Foto Layaknya Profesional, Coba 5 Aplikasi Ini

1. iPhone App of the Year - Spectre Camera

Aplikasi yang pengoperasiannya menggunakan teknologi artificial intelligence ini menjadi aplikasi terbaik pada gawai iPhone. Walaupun aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, penilaian di App Store tentang aplikasi ini mencapai 4.1 dari 5.

Aplikasi ini diperuntukan untuk keperluan fotografi yang memungkinkan penggunanya mendapatkan kemampuan long exposures layaknya kamera slr. Aplikasi ini diharga USD 3 atau sekitar Rp 42 ribu.

2. iPad App of the Year - Flow by Moleskine

Sama seperti Spectre Camera, Flow by Moleskine juga merupakan aplikasi berbayar, cuma yang membedakan adalah aplikasi ini menggunakan sistem subskripsi perbulannya untuk berlangganan. Dengan penilaian 4.2 dari 5, aplikasi ini menjadi pilihan pengguna iPad untuk mengedit desain dengan halaman yang tidak terbatas.

Pengguna aplikasi ini ditawarkan mendesain dengan halaman yang luas dan tentunya dapat dipecah nantinya, seperti menjadi feed pada instagram.

3. Mac App of the Year - Affinity Publisher

Aplikasi ini terbilang cukup mahal untuk aplikasi berbayar. Dibanderol dengan harga USD 35 atau sekitar Rp 490 ribu aplikasi ini memiliki rating 4.4 dari 5.

Sebagai apliasi desain untuk keperluan poster ataupun cover album, Affinity Publisher menawarkan kemudahan bagi penggunanya, tidak heran walaupun terbilang mahal, aplikasi ini mendapatkan rating tinggi.

4. Apple TV App of the Year - The Explorers

Aplikasi gratis dari App Store yang diperuntukan untuk Apple TV ini memiliki rating 3.9 dari 5. Walaupun terbilang rating yang didapat tidak terlalu tinggi, aplikasi ini tetap menjadi Apple TV App of the Year karena makna dari pembuatan dari aplikasi tersebut.

Diperuntukan untuk peneliti dan petualang, aplikasi ini menargetkan memberiakan 'ruang virtual' bagi penggunanya untuk melihat dunia melalui foto dan video.

Baca juga:

Tak Perlu Repot Meghitung Tanggal, 3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Pantau Siklus Haid

5. iPhone Game of the Year - Sky: Children of the Light

Bukan game moba maupun battleroyale, Sky: Children of the Light lah menjadi iPhone Game of the Year. Alur cerita serta grafik yang mumpuni membuat game ini memiliki rating 4.9 dari 5.

Aplikasi ini pada dasarnya merupakan game gratis, namun pemainnya nanti akan ditawarkan 'bundle' di dalam game yang dapat dibeli untuk melengkapi sensasi bermain game ini.

6. iPad Game of the Year - Hyper Light Drifter

Game yang bertemakan fantasi dan eksplorasi ini berhasil menjadi iPad Game of the Year. Walaupun merupakan game berbayar, sekitar USD 5 atau kurang lebih Rp 70 ribu, game ini memiliki rating 4.9 dari 5. Walaupun mengusung tema game 16-bit, game tetap menampilkan petualangan yang seru bagi pemainnya.

7. Mac Game of the Year - GRIS

Game berbayar ini memperoleh rating 4.2 dari 5. Game ini dibanderol dengan harga USD 5 atau sekitar Rp 70 ribu. Game ini merupakan game teka-teki dan petualangan.

Dengan jalan cerita layaknya RPG yang berpetualangan dan seiring perjalanan dapat membuka skill yang dimiliki, game ini menjadi pilihan Apple untuk Mac Game of the Year.

8. Apple TV Game of the Year - Wonder Boy: The Dragon’s Trap

Mengambil latar layaknya game Wonder Boy di tahun 80an, game ini memperoleh rating 3.7 dari 5. Walaupun terbilang kecil, karena merupakan game yang diperuntukan untuk Apple TV, dan kebanyakan review yang dimasukan merupakan mereka yang menggunakannya di iPhone maupun iPad. Game ini merupakan game berbayar dan dibanderol dengan harga USD 8 atau sekitar Rp 112 ribu. (Jhn)

Baca juga:

Sedang Cari Pacar? Coba Aplikasi Kencan Daring Aja!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH