Aplikasi Ini Bisa Melakukan Transaksi Pembayaran Online Tanpa Harus Top Up Tidak perlu melakukan top up menggunakan aplikasi ini (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

ENGGAK perlu repot-repot mengeluarkan uang. Begitulah kalau kamu menjadi pengguna aplikasi yang satu ini. Mau belanja atau beli makanan, kamu bisa mengandalkan aplikasi ini. Cukup bawa ponsel kamu dan gunakan aplikasi akulaku dengan fitur terbarunya, kredit offline.

Cara kerjanya, dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu cukup menscan barcode yang ada pada barang untuk melakukan transaksi pembayaran. Fitur tersebut merupakan langkah akulaku untuk mendukung inklusi keuangan yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lebih enaknya lagi kamu tidak perlu mengisi saldo atau top up. Karena konsep aplikasi ini tidak menggunakan saldo, tapi pembayaran yang dilakukan di kemudian hari.

Jadi kamu bisa melakukan pembayaran terlebih dulu dan dilunasi setelahnya tanpa bunga sedikitpun alias 0 %. "Apa yang dibeli hari ini sama pas pembayarannya, jumlahnya sama," ujar Martha Adlina, komisaris Akulaku saat peluncuran fitur baru itu di Hotel Aston at Kuningan Suites, Jakarta Selatan, Selasa (6/11).

Martha Adlina (kiri) mengatakan aplikasi ini dapat membantu transaksi pembayaran siapapun (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Sebanyak 200 merchant sudah bergabung dengan aplikasi ini. Di antaranya meliputi warung-warung toko kelontong dan warung-warung makanan di seluruh Jabodetabek. Ke depannya juga akan tersedia merchant yang menyediakan layanan transaksi pembayaran menggunakan barcode di luar Pulau Jawa.

Keuntungan juga tidak hanya dirasakan oleh para pengguna. Merchant-merchant yang bekerjasama juga bisa mengatur cash flow usaha mereka masing-masing. Jadi tidak ada hambatan dalam melakukan transaksi bagi kedua belah pihak.

Memang, rata-rata merchant yang bekerjasama ialah pedagang kelas menengah. Sehingga tidak jarang juga banyak pedagang yang masih kurang melek teknologi.

Karena itu, aplikasi ini juga memberikan edukasi mengenai metode pembayaran praktis ini. "Tim marketing kita juga mendatangi merchant dan memberikan product knowledge juga," tambah Martha.

Cukup menscan melalui aplikasi di ponsel (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Dalam meluncurkan fitur barunya aplikasi ini juga memberikan potongan sebesar 50% kepada pengguna yang melakukan transaksi di setiap toko yang sudah bekerjasama dengan akulaku. Namun, kamu harus buru-buru karena promo ini hanya berlaku sampai bulan Desember. "Fitur baru ini kamu harapkan dapat membantu masyarakat berbelanja tanpa kartu kredit offline," tukasnya.

Cara menggunakan aplikasinya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasinya dan pilih opsi kamera. Dengan menggunakan kamera itu kamu bisa men scan langsung barcode yang tertera di barang yang kamu beli. Kemudian kamu tinggal melakukan verifikasi menggunakan OTP (One Time Password). (ikh)

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Asing Ini Tawarkan Sertifikat Universitas

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH