Image
Author by : Foto: Google Play Store

Google telah memberikan pembaruan pada layanan berbagi videonya. Kini YouTube memiliki banyak fitur baru, yang paling menonjol adalah kenyaman untuk temukan musik. (Baca: Google Diskon Empat Aplikasi Android)

Di Youtube yang baru, terdapat beberapa perubahan dan fitur baru. Kini anda bisa reply komentar dari kolom komentar. Fitur pencarianya kini tidak hanya difungsikan untuk mencari video saja. Sekarang anda juga bisa mencari playlist dan channels streaming dengan kolom pencarianya. (Baca: Nikmati Video 4K dengan YouTube 10.10.52)

Terdapat tab baru untuk channel Youtube, yaitu activity, video, dan playlist. Perubahan ini menjadikan YouTube untuk Android semakin mirip dengan versi web browser. Perubahan terakhir yaitu beberapa perbaikan di aplikasinya. 

Pencarian musik di YouTube lebih baik dari sebelumnya. Anda akan menemukan kumpulan lagu dari artis yang anda cari, sama seperti versi web browser. Campuran lagu seperti versi web browser YouTube menyajikan lagu tak terbatas berdasarkan lagu atau artis favorit. Pastinya anda juga dapat menemuakn album langsung dari penelusuran.

Image
Author by : Foto: Google Play Store

Google Maps kini sudah diperbarui ke versi 7.7. Tidak terlihat ada fitur baru pada pebaruan ini dan hanya dakukan bug fix saja. Namun ada kabar yang mengatakan kalau Google Maps 7.7 mampu memetakan ruangan seperti mall. (Baca: Nokia Here Maps Kini Tersedia di Google Play)

Android Police melaporkan, Google Maps yang diperbarui pada 23 Maret lalu ini mendapatkan penambahan event di tempat-tempat publik. Fitur terbaru ini tersiar kabarnya dari India. Kabarnya Google Maps 7.7 di India sudah dapat melakukan pemetaan dalam ruangan. (Baca: Google Peringati 126 Tahun Menara Eiffel)

Selain gosip dan bug fix, seperti dikutip dari Google Play Store, pembaruan ini juga akan membawa beberapa hal seperti fitur hasil penelusuan dan pewarnaan pada jalur transit saat anda menggunakan panduan transit.

Image
Author by : Foto: Google Play Store

Setelah sebelumnya Google menyajikan fitur penerjemahan kata dengan memotret, kini Google Traslate mendukung handwriting. 

Fitur ini memungkinkan Google Translate mampu menerjemahkan tulisan tangan anda yang anda goreskan di atas layar perangkat Android anda. Dengan fitur ini, anda tidak perlu mengetik dengan keyboard. (Baca juga: Kini Belanja Cukup Pesan Dari Kaca Mata)

Fitur ini akan sangat berguna untuk menerjemahkan tulisan dalam bahasa Arab, Bosnian, Cebuano, Gujarati, Hmong, Kannada, Maltese, Mongolian, Persian, Punjabi, Somali, Tamil dan Telugu. (Baca: Google Maps Mampu Memetakan Ruangan)

Fitur Word Lens yang telah lebih dulu hadir juga ikut mengalami peningkatan. Kini mampu menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, Spanyol. Begitu juga sebaliknya.

Deteksi otomatis percakapan kini juga akan langsung mengenali dua bahasa yang sedang diucapkan, yang memungkinkan anda untuk bercakap dengan lebih baik.

Image
Author by : Foto: Google Play Store

Goggle Search kini makin memiliki banyak fitur. Pembaruan yang diberikan Google kini telah telah mengkoneksikannya dengan Google Now. Sekarang, Google Search juga sudah tidak butuh “OK Google” untuk melakukan penelusuran suara. (Baca: YouTube Lebih Nyaman Temukan Musik)

Bagi para pengguna Google Now Launcher, anda dapat menonaktifkan pemanggil suara “OK Google” melalui pengaturan. Di Amerika, bagi para pecinta permainan kriket juga dapat menambahkan klub favoritnya. (Baca: Google Maps Mampu Memetakan Ruangan)

Dengan ditambahkannya Google Now, memungkinkan anda mendapatkan informasi yang hanya anda inginkan dan tepat waktu. Selain itu berita cuaca hari ini dan lalu lintas juag semakin akurat. Sangat tepat untuk anda gunakan sebelum beraktifitas di luar rumah.

Image
Author by : Foto: Google Play Store

Peramban besutan GoogleChrome, kembali menerima pembaruan dari Google dan masih dalam bentuk beta. Sebelumnya Chrome juga telah dimodifikasi oleh tim Chromium.

Seperti yang kita ketahui, peramban Chrome sering kali mengalami kegagalan saat memuat ikon atau gambar pada pintasan laman favorit. Oleh karenanya tim Chromium melakukan perbaikan dengan metode baru. (Baca: Google Maps Mampu Memetakan Ruangan)

Melalui blog resmi Chrome, dikatakan bahwa Google Chrome Beta untuk Android terbaru ini tidak banyak mengalami perubahan. hanya saja akan lebih stabil dan mendapat beberapa perbaikan lagi. (Baca: Google Search Sudah Tidak Butuh “OK Google”)

Melalui Google Play Store, pengguna diminta untuk mencoba fitur-fitur baru dan turut memberikan masukan untuk membantu emngembangkan peramban ini menjadi lebih baik.

Bagi anda yang baru ingin menginstal Chrome Beta pada peangkat Android, perlu anda ketahui bahwa Chrome Beta akan meminta izin tambahan ketika menggunakan Chrome Sync untuk pertama kalinya.