Aplikasi Google di Android Alami masalah, Ini solusinya

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 23 Juni 2021
Aplikasi Google di Android Alami masalah, Ini solusinya
Aplikasi Google di Android Alami masalah. (Foto: Twitter/ashWINsrao)

JIKA Google App di ponsel Android mu mengalami gangguan berhenti bekerja secara tiba-tiba, kamu tidak sendirian. Tampaknya, pembaruan terbaru dari Google telah membawa sebuah bug yang membuat aplikasi tidak dapat digunakan.

Dilansir dari XDA-Developers, Selasa (22/6), masalah ini tampaknya menjadi sesuatu yang serius, bahkan beberapa pengguna Android melaporkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan aplikasi Google setelah menginstal pembaruan aplikasi itu.

Baca juga:

Google Meet Perkenalkan Efek Animasi Baru

Aplikasi terus menampilkan pop-up bertuliskan "Google keeps stopping (Google terus berhenti)" setiap beberapa detik. Tidak hanya itu semua aplikasi seperti Asisten Google, Pencarian, Google Lens, dan sebagainya tidak dapat digunakan.

Pengguna dapat melakukan uninstall kepada pembaruan. (Foto: XDA Developers)
Pengguna dapat melakukan uninstall kepada pembaruan. (Foto: XDA Developers)

Jika ponselmu terpengaruh oleh pembaruan bermasalah ini, melakukan uninstall dari pembaruan terbaru itu akan memperbaiki masalah. Untuk melakukannya, buka menu Aplikasi dari Pengaturan perangkat, pilih aplikasi Google dan hapus instalan pembaruan terbaru tersebut dengan mengklik menu tiga titik yang terletak di sudut kanan atas. (Catatan: Penempatan opsi ini mungkin berbeda, tergantung pada perangkatnya.) Jika masalah terus berlanjut, coba juga bersihkan data aplikasi dan cache.

Sementara itu, jika ponselmu belum terpengaruh, sebaiknya matikan fitur pembaruan aplikasi otomatis dari Google Play Store, untuk aplikasi Google.

Baca juga:

Xiaomi Tengah Kembangkan Isi Baterai Ponsel dengan Suara

Masalah tidak mau bekerjanya Google ini nampaknya tidak memandang pada merek atau jenis perangkat tertentu. Masalah ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Google versi stabil tetapi juga terjadi pada aplikasi Google versi beta.

Melalui akun Twitter resmi Android, Google telah memberikan pernyataan dalam sebuah cuitan yang menyatakan bahwa Google mengetahui Google App tidak mau bekerja dan saat ini perusahaannya tengah mengerjakan perbaikan.

Google mencuitkan tanggapannya terhadap masalah ini. (Foto: Twitter/Android)
Google mencuitkan tanggapannya terhadap masalah ini. (Foto: Twitter/Android)

Dalam cuitan itu juga terdapat sebuah link ke sebuah unggahan forum komunitas Google. Didalamnya unggahan tersebut menguraikan beberapa langkah sementara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah, hingga nantinya perusahaan siap meluncurkan perbaikan untuk Google App itu.

Berikut adalah langkahnya:

1. Buka aplikasi Setting perangkat Android

2. Buka Aplikasi & notifikasi

3. Ketuk “Lihat semua aplikasi ”

4. Temukan dan ketuk Google dari daftar aplikasi (atau Anda dapat menggunakan tombol pencarian di sudut kanan atas untuk mencari "google")

5. Ketuk Penyimpanan & cache

6. Ketuk "Hapus penyimpanan" atau "Kelola ruang"

7. Ketuk HAPUS SEMUA DATA (kna)

Baca juga:

Tiktok Umumkan Fitur Baru yang Tengah Diuji

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan