Teknologi
Aplikasi eBook, Lebih Murah dari Buku Cetak dan Ada yang Gratis eBook memiliki pengaturan font yang dapat membantu kamu yang memiliki gangguan penglihatan. (Foto: Unsplash/Perfecto Capucine)

BEBERAPA penelitian kecil menunjukkan bahwa membaca buku lebih baik untuk retensi memori dan fokus daripada membaca layar elektronik. Namun, ada banyak juga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari eBook.

Selain lebih murah dari buku, eBook juga memiliki pengaturan font yang dapat membantu kamu yang memiliki gangguan pengelihatan. Individu dengan disleksia juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dari ebook karena mereka menyediakan berbagai pilihan untuk mengubah ukuran spasi dan baris.

Kalau kamu tertarik mencoba membaca eBook yang praktis dan ramah lingkungan ini, jangan ragu-ragu mengunduh aplikasi-aplikasi berikut. Selain koleksinya beragam dan menarik, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengakses koleksi gratisnya.

Baca Juga:

Cara Bumilangit Membumikan Kisah Si Buta Dari Gua Hantu

Ipusnas

buku
Dilengkapi dengan eReader untuk membaca buku dalam bentuk e-book, kamu tinggal install di ponsel atau tablet. (Foto: ipusnas id)

Aplikasi ini merupakan perpustakaan digital yang dikelola Perpustakaan Nasional. Dilengkapi dengan eReader untuk membaca buku dalam bentuk ebook, kamu tinggal install di ponsel atau tablet.

Pada aplikasi ini kamu bisa menemukan banyak genre buku. Mulai dari pengetahuan, agama, hukum, novel, memasak, bahasa, dan lain sebagainya bisa kamu akses dengan mudah. Ada ribuan buku yang siap menghibur dan menambah pengetahuan, semua yang tersedia dapat diakses gratis.

Sama seperti sistem di perpustakaan, kamu bisa meminjam maksimal tiga buku dengan durasi tiga hari per buku. Kamu juga harus mengembalikan buku usai kamu baca. Jika kamu kelupaan mengembalikan, otomatis buku akan kembali dan kamu harus memesan kembali untuk meminjamnya jika kamu belum selesai membaca.

Baca Juga:

Punya Banyak Buku Tapi Tak Pernah Dibaca? Mungkin Kamu Mengalami Tsundoku

Google Books

buku
Kamu juga dapat langsung mengakses eBook yang telah diunduh di perangkat lain. (Foto: rexdl.co.id)

Ini merupakan layanan Google yang menyediakan banyak eBook yang bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Selain itu, layanan ini juga menyediakan eBook berbagai bahasa jika menginginkannya.

Untuk bisa mendapatkan eBook, kamu dapat membuka Google Play Store dan membuka kategori Books. Kamu cukup memasukkan keyword “Indonesia Free” pada menu seach dan secara otomatis buku eBook gratis berbahasa Indonesia akan dimunculkan.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengunduh eBook ke ponsel untuk bisa membacanya. Sementara itu, kamu juga dapat langsung mengakses eBook yang telah diunduh tersebut di perangkat lain apabila kamu menggunakan akun Google yang sama.

iJakarta

buku
Warga Jakarta sekarang tak usah pusing lagi jika ingin membaca dan meminjam buku. (Foto: ytimg.com)

Ini merupakan platform perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Warga Jakarta sekarang tak usah pusing lagi jika ingin membaca dan meminjam buku karena kamu bisa melakukan itu semua dengan aplikasi iJakarta dari ponselmu.

Kamu bisa mendaftar jadi anggota untuk menikmati semua layanannya dari mulai membaca, meminjam buku, lewat ponsel pintar berbasis android atau IOS dan lewat laptop atau komputer.

Platform iJakarta merupakan kerjasama Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta dengan PT Woolu Aksara Maya “Aksaramaya” selaku pengembang aplikasi. Ada ribuan judul buku dengan beragam kategori, mulai dari buku pelajaran sekolah, kuliah, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah, dan buku-buku populer yang dapat kamu akses. (aru)

Baca Juga:

Kenali Manfaat Baca Buku Digital Lewat Gawai

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Perpaduan Streetstyle dan Heels Bangkit di Paris Fashion Week 2021
Fashion
Perpaduan Streetstyle dan Heels Bangkit di Paris Fashion Week 2021

Bisa mengubah tampilan jadi lebih feminin.

Anak dengan Bibir Sumbing Harus Dibantu
Fun
Anak dengan Bibir Sumbing Harus Dibantu

Setiap tiga menit seorang bayi terlahir dengan bibir sumbing.

Bukalapak, Jagoan Startup Negeri Aing yang Pertama Melantai di Bursa Saham
Fun
Bukalapak, Jagoan Startup Negeri Aing yang Pertama Melantai di Bursa Saham

informasi bahwa E-commerce Bukalapak merupakan perusahaan teknologi pertama yang melantai di bursa saham di Indonesia pertama kalinya

Sebar Inspirasi Positif, Gen Aktif Gandeng Natya Shina 
Fun
Sebar Inspirasi Positif, Gen Aktif Gandeng Natya Shina 

Menginspirasi generasi muda yang menyukai dunia dance cover.

Layak Dinanti, Simak Rekomendasi 3 Film Romantis untuk 2022
ShowBiz
Layak Dinanti, Simak Rekomendasi 3 Film Romantis untuk 2022

Banyak film romantis menarik di tahun 2022.

Begini Caranya Traveling ke Singapura Tanpa Harus Karantina
Fun
Begini Caranya Traveling ke Singapura Tanpa Harus Karantina

Singapura juga akan menghapus kewajiban memakai masker di tempat terbuka.

Hanin Dhiya Rilis Lagu Penuh Makna
ShowBiz
Hanin Dhiya Rilis Lagu Penuh Makna

Single bergenre pop ballad ini bercerita soal toxic relationship.

Lika-Liku Pemuda Tangguh Pekerja Lepas
Fun
Lika-Liku Pemuda Tangguh Pekerja Lepas

Terlihat santai, tapi banyak menghadapi rintangan.

NIKI Zefanya Nostalgia Masa Lalu di Single 'Before'
ShowBiz
NIKI Zefanya Nostalgia Masa Lalu di Single 'Before'

Lagu Before masuk dalam album terbaru NIKI Zefanya.