Teknologi
Aplikasi Buatan Anak Negeri ChatAja Hentikan Layanan di Akhir 2021 Aplikasi ChatAja akan hentikan layanan di akhir 2021 (Foto: instagram@chataja.id)

APLIKASI pesan instan buatan Anak Negeri, ChatAja, memutuskan untuk menghentikan layanannya. Hal itu diumumkan lewat akun Instagram resminya @chataja.id.

Pengumuman tersebut diunggah pada awal November 2021. Adapun isi dari pengumuman itu ialah layanan ChatAja Messenger akan berakhir di akhir tahun 2021.

Baca Juga:

Kemenkes Akan Hadirkan Aplikasi Rekam Medis, Apa Itu?

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa layanan Chat Aja Messenger akan berakhir pada bulan Desember 2021," bunyi pengumuman yang tertulis di Instagram @chataja.id.

Aplikasi ChatAja Akan pamit di akhir 2021 (Foto: instagram @chataja.id)

Pada pengumuman tersebut, ChatAja juga mengumumkan, bahwa seluruh data-data Chatters (sebutan pengguna ChatAja) di dalam server ChatAja akan dihapus secara permanen.

Karena itu, pihak ChatAja menyarankan apabila ada data penting di aplikasi ChatAja, dimohon para pengguna untuk menyimpannya secara mandiri.

Pada akhir pengumuman tersebut, ChatAja menyampaikan "terima kasih banyak sudah #BeraniMulai dan tetap setia menggunakan ChatAja, semoga berhentinya perjalanan kami tidak mengurangi dukungan Chatters kepada #KaryaAnakBangsa. Sampai jumpa lagi di #inovasiAnakBangsa berikutnya! Salam hangat Tim ChatAja Indonesia".

Singkat cerita, ChatAja merupakan sebuah aplikasi pesan instan karya anak bangsa yang lahir pada September 2019.Setelah melalui sejumlah penyesuaian dan pengembangan aplikasi versi beta, pada tanggal 14 Februari 2020 ChatAja akhirnya meluncurkan aplikasinya secara reski untuk umum, di Google Play Store dan Apple App Store.

ChatAja sangat berfokus pada keamanan dan kedaulatan data. Hal tersebut ditegaskan oleh pengguna server berbasis di Indonesia, serta fitur berkas rahasia, sebuah layanan pesan terenkripsi untuk mengamankan pesan penting.

Baca Juga:

Google Ajak Masyarakat Mengenal Fitur untuk "Kesehatan Digital"

Guna meningkatkan kenyamanan, pada versi betanya, ChatAja pun menghadirkan fitur Cloud Native, yang bisa meringankan beban penyimpan di ponsel, serta mengurangi kebutuhan untuk backup data. Kemudian, fitur jelajah versi awal juga turut diluncurkan dalam versi tersebut.

ChatAja pun menjalin kerja sama dengan Mojitok, penyedia sticker asal Korea untuk fitur Stiker ChatAja. Aplikasi itu juga menggandeng sejumlah portal lowongan pekerjaan dari Indonesia, untuk meluncurkan ChatAja Jobs pada fiur jelajah.

Kemudian Chat juga menggandeng sejumlah kantor berita untuk menghadirkan akun kanal ChatAja News. Dari mulai Kompas, Hipwee, Opini.id, Uzone dan sebagainya.

ChatAja juga menghadirkan fitur bot builder serta bot API, guna memanjakan prosumers (pengguna tingkat lanjut) yang ingin menciptakan chatbot versi mereka sendiri.

Hingga pada Agustus 2020 lalu, ChatAja menghadirkan sejumlah pembaruan besar, yakni Tab Figur Publik di fitur jelajah. Lewat tab tersebut, pengguna bisa merasakan serunya mengobrol dengan sejumlah selebritas, seperti Raditya Dika, Rachel Venya, Maell Lee, dan Adinda Thomas, lewat empat akun resmi yang ditenagai teknologi Chatbot Artificial Intelligence (AI).

Adanya fitur tersebut, menjadikan ChatAja sebagai aplikasi pesan instan pertama buatan Indonesia, yang bisa menghadirkan pengalaman ngobrol otentik yang ditenagai teknologi AI. (Ryn)

Baca Juga:

Waspadai Aplikasi Penambang Palsu Kripto di Android

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kontroversi Penarikan FIlm Buruan Cium Gue!
Hiburan & Gaya Hidup
Kontroversi Penarikan FIlm Buruan Cium Gue!

Film Buruan Cium Gue!, menurut Aa Gym, menjurus pada perbuatan zina

Travis Barker, Kourtney Kardashian dan Kris Jenner Rilis Cover Lagu Natal
ShowBiz
Travis Barker, Kourtney Kardashian dan Kris Jenner Rilis Cover Lagu Natal

Ia merilis cover lagu Natal klasik bersama dengan anaknya Kourtney Kadarshian, dan juga Travis Barker, tunangan dari Kourtney Kardashian.

Liburan Aman, Persiapkan 3 Hal Ini
Travel
Liburan Aman, Persiapkan 3 Hal Ini

CDC menyarankan tiga hal untuk diperhatikan sebelum traveling atau berwisata ke tempat lain, yaitu proaktif, persiapan, dan perlindungan.

PPKM Darurat, Restoran dan Kafe Terapkan Layanan Delivery
Fun
PPKM Darurat, Restoran dan Kafe Terapkan Layanan Delivery

PPKM kembali menjadi tantangan bagi para pebisnis.

Kenapa Sih Kamu Masih Suka Stalk Instagram Mantan Pacar?
Fun
Jangan Hanya Demi Gaya, Penyalahgunaan Spion Aksesori Bisa Bikin Celaka
Fun
Jangan Hanya Demi Gaya, Penyalahgunaan Spion Aksesori Bisa Bikin Celaka

Spion pada motor bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Girl Grup ITZY Punya Cara Jitu Jaga Kesehatan Mental di Sela Jadwal Padat
ShowBiz
Linkin Park Rilis Dokumenter dari Album ‘Minute To Midnight’
ShowBiz
Linkin Park Rilis Dokumenter dari Album ‘Minute To Midnight’

14 tahun album 'Minute To Midnight', Linkin Park merilis video dokumenter.

The Weeknd Boikot Grammy Awards
ShowBiz
The Weeknd Boikot Grammy Awards

Tidak ada satu pun nama The Weeknd tertera dalam daftar yang disaring Recording Academy itu.

Tanda Mantan Pacar Ingin Balikan
Fun
Tanda Mantan Pacar Ingin Balikan

Apakah itu pertanda dia mungkin ingin kembali?