Teknologi
Aplikasi Buatan Anak Negeri ChatAja Hentikan Layanan di Akhir 2021 Aplikasi ChatAja akan hentikan layanan di akhir 2021 (Foto: [email protected])

APLIKASI pesan instan buatan Anak Negeri, ChatAja, memutuskan untuk menghentikan layanannya. Hal itu diumumkan lewat akun Instagram resminya @chataja.id.

Pengumuman tersebut diunggah pada awal November 2021. Adapun isi dari pengumuman itu ialah layanan ChatAja Messenger akan berakhir di akhir tahun 2021.

Baca Juga:

Kemenkes Akan Hadirkan Aplikasi Rekam Medis, Apa Itu?

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa layanan Chat Aja Messenger akan berakhir pada bulan Desember 2021," bunyi pengumuman yang tertulis di Instagram @chataja.id.

Aplikasi ChatAja Akan pamit di akhir 2021 (Foto: instagram @chataja.id)

Pada pengumuman tersebut, ChatAja juga mengumumkan, bahwa seluruh data-data Chatters (sebutan pengguna ChatAja) di dalam server ChatAja akan dihapus secara permanen.

Karena itu, pihak ChatAja menyarankan apabila ada data penting di aplikasi ChatAja, dimohon para pengguna untuk menyimpannya secara mandiri.

Pada akhir pengumuman tersebut, ChatAja menyampaikan "terima kasih banyak sudah #BeraniMulai dan tetap setia menggunakan ChatAja, semoga berhentinya perjalanan kami tidak mengurangi dukungan Chatters kepada #KaryaAnakBangsa. Sampai jumpa lagi di #inovasiAnakBangsa berikutnya! Salam hangat Tim ChatAja Indonesia".

Singkat cerita, ChatAja merupakan sebuah aplikasi pesan instan karya anak bangsa yang lahir pada September 2019.Setelah melalui sejumlah penyesuaian dan pengembangan aplikasi versi beta, pada tanggal 14 Februari 2020 ChatAja akhirnya meluncurkan aplikasinya secara reski untuk umum, di Google Play Store dan Apple App Store.

ChatAja sangat berfokus pada keamanan dan kedaulatan data. Hal tersebut ditegaskan oleh pengguna server berbasis di Indonesia, serta fitur berkas rahasia, sebuah layanan pesan terenkripsi untuk mengamankan pesan penting.

Baca Juga:

Google Ajak Masyarakat Mengenal Fitur untuk "Kesehatan Digital"

Guna meningkatkan kenyamanan, pada versi betanya, ChatAja pun menghadirkan fitur Cloud Native, yang bisa meringankan beban penyimpan di ponsel, serta mengurangi kebutuhan untuk backup data. Kemudian, fitur jelajah versi awal juga turut diluncurkan dalam versi tersebut.

ChatAja pun menjalin kerja sama dengan Mojitok, penyedia sticker asal Korea untuk fitur Stiker ChatAja. Aplikasi itu juga menggandeng sejumlah portal lowongan pekerjaan dari Indonesia, untuk meluncurkan ChatAja Jobs pada fiur jelajah.

Kemudian Chat juga menggandeng sejumlah kantor berita untuk menghadirkan akun kanal ChatAja News. Dari mulai Kompas, Hipwee, Opini.id, Uzone dan sebagainya.

ChatAja juga menghadirkan fitur bot builder serta bot API, guna memanjakan prosumers (pengguna tingkat lanjut) yang ingin menciptakan chatbot versi mereka sendiri.

Hingga pada Agustus 2020 lalu, ChatAja menghadirkan sejumlah pembaruan besar, yakni Tab Figur Publik di fitur jelajah. Lewat tab tersebut, pengguna bisa merasakan serunya mengobrol dengan sejumlah selebritas, seperti Raditya Dika, Rachel Venya, Maell Lee, dan Adinda Thomas, lewat empat akun resmi yang ditenagai teknologi Chatbot Artificial Intelligence (AI).

Adanya fitur tersebut, menjadikan ChatAja sebagai aplikasi pesan instan pertama buatan Indonesia, yang bisa menghadirkan pengalaman ngobrol otentik yang ditenagai teknologi AI. (Ryn)

Baca Juga:

Waspadai Aplikasi Penambang Palsu Kripto di Android

Aplikasi Terbaru Siap Bantu Tangkal Korupsi
Fun
Tips Meningkatkan Keamanan Siber
Fun
Aplikasi Terbaru Siap Bantu Tangkal Korupsi
Fun
Tips Meningkatkan Keamanan Siber
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ini Perbedaan Gejala Varian Omicron dan Delta
Fun
Ini Perbedaan Gejala Varian Omicron dan Delta

Pertama kali muncul di Afrika Selatan

SHAE Comeback Lewat Single 'Love With You'
ShowBiz
SHAE Comeback Lewat Single 'Love With You'

SHAE kembali meramaikan industri musik Tanah Air

Tanda Bahaya Mata Kedutan
Hiburan & Gaya Hidup
Tanda Bahaya Mata Kedutan

Kejang mata bisa amat menggagnggu dan menjengkelkan.

Emma Stone Bintangi Film Bisu 'Bleat'
ShowBiz
Emma Stone Bintangi Film Bisu 'Bleat'

Emma Stone tidak menerima honor untuk berpartisipasi dalam Bleat.

Hai Mantan, Maafkan Aing ya
Fun
Hai Mantan, Maafkan Aing ya

Aku menyesal sudah mengakhiri hubungan dengan kamu.

Anak Selebriti Ternama yang Ikuti Jejak Orangtua
ShowBiz
Anak Selebriti Ternama yang Ikuti Jejak Orangtua

Sejumlah anak selebriti memilih ikuti jejak orangtua.

Enggak Selalu Manis, Ini Drama Korea dengan Kisah Skandal Paling Fenomenal
ShowBiz
Kiat Sektor Pariwisata Meningkatkan Bisnis di Tahun 2022
Travel
Kiat Sektor Pariwisata Meningkatkan Bisnis di Tahun 2022

Dua tahun terakhir ini dunia seperti menaiki roller coaster.

Sony Lakukan PHK 90 Karyawannya
Fun
Sony Lakukan PHK 90 Karyawannya

Mereka klaim bahwa 62 persen lebih gim PlayStation dibeli secara digital.

Daftar Mobil yang Bisa Test Drive di IIMS Hybrid 2022
Fun
Daftar Mobil yang Bisa Test Drive di IIMS Hybrid 2022

IIMS Hybrid 2022 menyediakan area test drive mobil dari para Agen Pemegang Merek (APM). Pengunjung dapat mencobanya langsung di area test drive.