Teknologi
Aplikasi AI Google untuk Identifikasi Kondisi Kulit Mengetahui masalah kulit dengan aplikasi kecerdasan buatan baru dari Google. (Foto: Unsplash/Yoel Peterson)

PUNYA segudang pertanyaan? Mbah Google siap menjawabnya. Saat ini, pertanyaan sepele tak penting sampai esensial sekalipun bisa kamu tanyakan pada Google. Tak dimungkiri, salah satu yang paling sering ditelusuri adalah mengenai kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, perusahaan teknologi itu tengah mengupayakan inovasi baru. Google kabarnya tengah menggarap aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelegence - AI) yang mampu mengindentifikasi kondisi kulit, rambut, dan kuku. Membantu memenuhi kebutuhan akses pengguna terhadap informasi medis awal dari dokter meskipun hanya di rumah saja.

Baca Juga:

Solusi Ampuh Untuk Netralkan Kulit dari Kosmetik Abal-Abal

ai
Aplikasi kecerdasan buatan ini akan membantu memberikan informasi kemungkinan kondisi kulit yang dialami pengguna. (Foto: Google)

Mengutip laman Hypebae, program berbasis web itu masih dalam tahap pengembangan. Akan tetapi, visinya ialah untuk memungkinkan pengguna mengunggah foto masalah kulit, rambut, atau kukunya. Kemudian aplikasi kecerdasan buatan tersebut akan menganalisis gambar-gambar yang diberikan untuk memberikan daftar kemungkinan kondisi yang sesuai.

Setelahnya, pengguna jadi bisa membuat pilihan yang lebih tepat untuk langkah selanjutnya. Tetapi perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak dimaksudkan untuk memberikan diagnosis pasti atau menggantikan pemeriksaan langsung. Karena sebagian besar kondisi dermatologis memerlukan pengujian agar bisa diidentifikasi secara akurat.

Meskipun begitu, setidaknya pengguna dapat memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kondisi kulitnya. Apalagi Google menguji model AI miliknya pada semua jenis dan warna kulit agar bisa memberikan informasi akurat untuk orang dari berbagai usia, jenis kelamin, dan ras. Sehingga cukup untuk memberikan gambaran pada pengguna.

Baca Juga:

Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

ai
Setelah memberikan foto, AI akan menganalisis dan memberikan usulan kondisi. (Foto: Google)

Ada alasan mengapa Google memutuskan untuk mengembangkan aplikasi untuk membantu mengidentifikasi masalah tersebut. "Setiap tahun kami melihat hampir sepuluh miliar penelusuran Google terkait masalah kulit, kuku, dan rambut," tulis mereka dalam entri blognya ketika mengumumkan inovasi ini.

Lebih lanjut, data menyebutkan bahwa dua miliar orang di seluruh dunia menderita masalah dermatologis, tapi secara global ada kekurangan spesialis. "Meskipun langkah pertama banyak orang melibatkan membuka Google Search, mungkin sulit untuk mendeskripsikan apa yang anda lihat pada kulit anda hanya melalui kata-kata," tambah mereka.

Model AI yang digunakan untuk aplikasi dermatologi itu baru saja lulus validasi klinis. Alat tersebut telah ditandai CE sebagai perangkat media kelas I di UE. Dalam beberapa bulan mendatang, mereka berencana untuk mengembangkan pekerjaan ini sehingga lebih banyak orang yang dapat memanfaatkannya untuk menjawab pertanyaan tentang masalah kulit umum. (sam)

Baca Juga:

Mewarnai Rambut Sebaiknya Sesuai Warna Kulit

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bahaya Terselubung dari Makanan Ultra Proses
Fun
Bahaya Terselubung dari Makanan Ultra Proses

Biasanya, makanan olahan dihasilkan dari makanan asli yang ditambahkan gula, minyak, atau garam.

Daniel Mananta Pamit Undur Diri dari Indonesian Idol
ShowBiz
Daniel Mananta Pamit Undur Diri dari Indonesian Idol

bertepatan dengan musim baru Indonesian Idol yang digelar pada 16 November 2020, VJ Daniel resmi mundur sebagai pembawa acara.

'The Me You Can't See', Serial Dokumenter Harry dan Oprah Tentang Kesehatan Mental
Fun
'The Me You Can't See', Serial Dokumenter Harry dan Oprah Tentang Kesehatan Mental

Harry akan muncul bersama Meghan Markle di serial dokumenter ini.

Smartphone Gaming Entry Level Siap Hadir di Indonesia
Fun
Smartphone Gaming Entry Level Siap Hadir di Indonesia

Smartphone ini siap memenuhi keinginan gamer muda akan smartphone yang powerful.

Tak Ada Pernikahan Virtual Lagi di New York
Fun
Tak Ada Pernikahan Virtual Lagi di New York

Banyak pesanan yang dibatalkan.

NOAH akan Gelar Konser Art Visual Pertama di Indonesia
ShowBiz
NOAH akan Gelar Konser Art Visual Pertama di Indonesia

Grup Band NOAH untuk pertama kalinya menggelar konser visual art bertajuk Noah Eightniversary: Perjalanana Tak Putus

Bersihkan Peralatan Makeup, Jauhkan Bakteri di Wajah
Fun
Bersihkan Peralatan Makeup, Jauhkan Bakteri di Wajah

Peralatan makeup harus dibersihkan minimal satu bulan sekali.

Bentuk Hati Selalu Dihubungkan dengan Cinta, Tahu Alasannya?
Fun
Potret Parno Lansia Hadapi COVID-19
Fun
Potret Parno Lansia Hadapi COVID-19

Cara lansia berhadapan dengan COVID-19.