Api Asian Games 2018 Lintasi 7 Wonders Of Banten

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 09 Agustus 2018
Api Asian Games 2018 Lintasi 7 Wonders Of Banten
Obor Asian Games 2018 melintasi Provinsi Banten. (foto: MP/Sucitra)

API Asian Games 2018 memasuki wilayah Banten pada Kamis (9/8). Provinsi di ujung barat Pulau Jawa ini menjadi salah satu daerah yang dilintasi obor api Asian Games. Banten memang menjadi salah satu tempat penyelenggaraan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang unjuk gigi para atlet se-Asia tersebut.

Tidak hanya memanfaatkan ajang ini untuk menebar demam Asian Games, Provinsi Banten juga menjadikan ajang ini sarana mempromosikan destinasi, sejarah, dan kebudayaan masyarakat Banten dengan branding 7 Wonders of Banten.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banten Deden Apriandhi kepada Merahputih.com mengatakan api Asian Games disambut ratusan jawara Banten. Pemindahan api abadi Asian Games dari obor kecil ke relay obor dilakukan lewat pertunjukan pendekar debus. Keahlian debus kenamaan Banten unjuk kebolehan dengan menyemburkan api ke relay obor.

"Di Kota Serang, api melintasi kawasan Banten Lama menuju Stadion Maulana Yusuf, dan berakhir di Museum Negeri Banten. Jadi ketika api datang ke titik relay obor di Museum Negeri Banten," jelas Deden. Gubernur Banten Wahidin Halim akan menerima obor yang apinya kemudian disemburkan ke arah relay obor oleh pendekar debus. "Api akan menginap satu malam, kemudian diberangkatkan menuju Provinsi Jawa Barat," jelasnya.

Pendekar debus beraksi menyalakan obor relay api Asia Games 2018. (foto: MP/Sucitra)



Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan rombongan yang membawa obor api Asian Games dari Pulau Sumatra datang lewat Dermaga 2 Pelabuhan Merak. Rombongan disambut tari-tarian khas Banten.

"Ini merupakan momentum yang tepat untuk mempromosikan potensi dan identitas daerah. Ada beberapa titik perlintasan yang merupakan destinasi wisata, misalnya Danau Tasikardi yang pada era Kesultanan Banten merupakan sumber air bagi kesultanan, melintasi Benteng Surosowan, dan tentu saja Museum Negeri Banten. Lokasi yang terakhir saya sebut merupakan garis finish api Asian Games di Banten," tuturnya.

Warga Banten antusias menyambut api Asian Games 2018. (foto: MP/Sucitra)

Dari pemantauan Merahputih.com, masyarakat Kota Serang yang merupakan ibu kota Provinsi Banten nampak terserang demam Asian Games 2018. Mereka memadati jalanan Kota Serang untuk menyaksikan api Abadi Asian Games melintas. Anak-anak muda bahkan berbondong-bondong memadati kawasan eks Pendopo Gubernur Banten untuk mengikuti acara yang belum tentu dapat mereka hadiri sekurangnya sampai 60 tahun mendatang.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan