Madura, Tanah Raden Segara

Apam Manis, Kue Khas Madura yang Paling Enak

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 15 November 2018
Apam Manis, Kue Khas Madura yang Paling Enak
Apem Madura. (Foto: facebook.com/suryani.aprillia91)

DI daerah yang terkenal akan olahan dagingnya, seperti Madura, kue manis seolah hanya jadi pelengkap. Padahal, petualangan rasa kamu pasti akan lebih lengkap kalau tak luput juga mencicip kue-kue nikmat khas yang dijajakan di pasar tradisional, seperti kue apem manis ini.

Apam manis atau disebut juga kue apam saja merupakan jajanan pasar dengan kuah manis dari gula merah. Apamnya berwarna putih kecokelatan. Tak bercita rasa. Baru setelah dicampur dengan gula merah, muncul rasa yang sangat pas. Perpaduan antara gurih kue basah dan rasa manis gula.

Apem Madura. (Foto: facebook.com/rbabdul.gani.3)
Apam Madura. (Foto: facebook.com/rbabdul.gani.3)

Seperti halnya kue apam di daerah lain, kue apam manis khas Madura berbahan dasar tepung beras yang diolah dengan tambahan garam. Adapun kuah manisnya dibuat dari gula merah yang dimasak. Saat dimasak, saus gula gula merah ditambah putih dan bahan lain, seperti jahe dan kayu manis. Bumbu tambahan itulah yang membuat kue ini sangat istimewa jika dibanding dengan olahan apam daerah lain.

Apam manis biasa disajikan pada pagi hari sebagai menu sarapan. Penganan ini juga cocok jadi teman ngopi atau ngeteh saat kumpul keluarga sebelum beraktivitas. Belakangan, kue ini juga cocok dijadikan menu penutup setelah makan berat. Biar kekinian, apam manis tampil dibuat dalam beragam warna.

Sebagai menu sarapan di pagi hari, apam manis dengan kuah berrempah ini juga sangat cocok sebagai penambah stamina sebelum beraktivitas. Kuah apam yang wangi bikin tubuh lebih segar.

Pengolahan kue apem. (Foto: instagram.com/azis_yh)
Pengolahan kue apam. (Foto: instagram.com/azis_yh)

Saat melancong ke Madura, kamu bisa menemukan apam manis dijual di warung-warung pada pagi hari. Ada juga yang dijajakan berkeliling bersama kue basah khas lainnya. Bahkan, kalau mau sedikit bertualang, main saja ke pasar tradisional di Madura. Pastilah kue khas ini akan dengan mudah kamu temui. Wajib nyicip lo ya.(*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Satai Ayam Madura, Sajian Sederhana Favorit Warga Dunia

#Kuliner Jawa Timur #Kuliner Indonesia #Madura, Tanah Raden Segara
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan