Apel, Buah yang Mencegah Kanker dan Diabetes Apel mampu mengurangi beberapa penyakit kritis. (Foto: Pexels/Pixabay)

BUAH berwarna merah atau hijau ini banyak digemari orang. Mengandung air dalam jumlah yang banyak dan dapat mengenyangkan perut. Nah, manfaat apel bukan hanya menghilangkan lapar dan dahaga saja. Lebih dari itu apel memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Laman Go Dok menuliskan bahwa dari sekian banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Apel juga mengandung komposisi antioksidan, flavonoid, dan serat dalam apel terbukti dapat mempercepat penyembuhan penyakit Parkinson dan Alzheimer stadium awal.

1. Zat yang terkandung di dalamnya memperbaiki memori yang rusak

apel
Memperbaiki memori yang rusak akibat penyakit alzheimer. (Foto: Pexels/Nancy Folgmann)


Dalam jurnal berjudul Experimental Biology and Medicine (2006), bahwa di dalam apel ditemukan salah satu jenis antioksidan, yakni quercetin. Itu berfungsi mencegah kematian dan penurunan fungsi sel saraf dengan melawan proses oksidasi dan peradangan sel saraf. Pada penelitian yang diterbitkan di Journal of Alzheimer’s Disease menyimpulkan bahwa konsumsi rutin jus apel dapat meningkatkan jumlah neurotransmiter asetilkolin. Peningkatan asetilkolin inilah yang terbukti mampu memperbaiki memori yang rusak akibat penyakit Alzheimer.


2. Mencegah risiko stroke trombotik

apel
Menurunkan risiko penyumbatan arteri otak. (Foto: Pexels/Pixabay)


Dari sebuah penelitian yang melibatkan 9.208 subjek ditemukan bahwa mengonsumsi rutin buah apel mampu menurunkan risiko penyumbatan arteri otak yang dapat memicu stroke trombotik.


3. Mengurangi jumlah kolesterol jahat, menaikan kolesterol baik

apel
Apel meningkatkan kolesterol baik. (Foto: Pexels/Suzy Hazelwood)


Hanya dalam kurun waktu 6 bulan sejak mulai mengonsumsi apel, tingkat kolesterol tubuh akan membaik. Ini adalah temuan penelitian yang dilakukan oleh Food Chemistry. Penelitian itu menunjukkan bahwa kandungan apel ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan produksi kolesterol baik.


4. Meminimalisir risiko diabetes

apel
Solusi ampuh terhindar dari penyakit diabetes 2. (Foto: Pexels/Pixabay)


Konsumsi apel secara rutin mungkin bisa menjadi salah satu solusi ampuh untuk terhindar dari penyakit diabetes 2. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa apel ternyata dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen.


5. Mencegah kanker di stadium awal

apel
Apel mampu mencegah kanker stadium awal. (Foto: Pixabay/kdzwonek)


Buah apel memang dahsyat manfaatnya. Ternyata apel dapat mencegah berbagai macam jenis kanker. Seperti kanker payudara, kanker usus, dan kanker paru-paru. Kandungan phytonutrient (kaempferol dan quercetin) dalam apel juga dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker di stadium awal. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH