Bisnis
Apakah Sudah Saatnya Kamu Punya Usaha Sendiri? Banyak orang semangat membuka bisnis. (Foto: 123RF/serezniy

BAHKAN sebelum ekonomi melambat karena COVID-19, langkanya pekerjaan dengan gaji yang layak, etis, dan memberikan keamanan finansial, telah membuat banyak orang bersemangat untuk mencoba punya usaha sendiri.

Sayangnya, berhasil dalam wirausaha bahkan lebih sulit daripada yang disiratkan statistik. Dikatakan 45 persen bisnis gagal dalam lima tahun pertama. Sisanya, tetap harus terus berjuang meskipun pemiliknya sudah bekerja berjam-jam di bawah tekanan karena mengetahui bahwa jika tidak, uang yang masuk tidak akan cukup.

Baca juga:

Tingkatkan Penghasilan Bisnis Online, Begini Caranya

Dapat dimengerti bahwa kebanyakan bisnis baru gagal. Banyak orang yang suka menunda-nunda menyelesaikan beberapa masalah yang seringkali merupakan batu sandungan para pengusaha.

Kemampuan seperti mengontrol pengeluaran; kemandirian untuk mampu melakukan sebagian besar tugas inti bisnis dari penjualan hingga akuntansi dasar; dan pertimbangan tentang rekan yang harus dibagi keuntungan serta potensi konflik yang menyertainya. Selain itu, perekrutan, bahkan pada waktu yang tepat, tetap dapat merusak arus kas jika terlalu banyak. Uang adalah sumber kehidupan bisnis, jika habis usaha pun mati.

Uang adalah sumber kehidupan bisnis. (Foto: 123RF/fotogestoeber)

Kenali Kemampuan Diri

Untungnya, seperti yang dikatakan iklan, pengalaman kamu mungkin akan berbeda. Semakin jujur jawabanmu untuk pertanyaan-pertanyaan berikut, semakin besar peluangmu untuk berhasil menjadi pengusaha.

1. Apakah kamu memiliki konsep bisnis berisiko rendah yang menawarkan peluang bagus untuk menghasilkan setidaknya pendapatan kelas menengah? "Saya sering merekomendasikan bisnis berbiaya rendah dan berstatus rendah. Bisnis semacam itu membutuhkan biaya yang sedikit untuk dijalankan dan persaingan dalam bisnis berstatus rendah cenderung lebih rendah daripada, katakanlah, bisnis teknologi," kata Marty Nemko, Ph.D., konsultan karier dari California yang telah menulis 10 buku.

2. Apakah pertimbangan yang kamu lakukan berdampak sedikit atau tidak sama sekali pada usaha sebelumnya? Apakah bisnis yang kamu usulkan cukup memotivasi sehingga kamu tidak banyak pertimbangan?

3. Apakah ide-idemu manjur ketika diterapkan untuk mengatasi masalah? Artinya, apakah kamu telah menunjukkan kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah praktis, misalnya, dalam pemasaran dasar, IT, perpajakan, dan masalah hukum, atau apakah kamu cukup sering angkat tangan, menerima, dan membayar mahal untuk mendapatkan bantuan?

Baca juga:

Inspiratif, 4 Film ini Wajib Ditonton saat Merintis Bisnis

4. Apakah kamu memiliki atau bisa mendapatkan akses ke cukup uang, sebagai modal, tetapi juga untuk berbulan-bulan atau waktu yang lebih lama dari yang dibutuhkan untuk membangun basis pelanggan, serta untuk membayar biaya hidupmu untuk selama itu?

5. Apakah kamu pintar membujuk orang? Kamu tidak perlu menjadi sales, tetapi bisakah meyakinkan orang, misalnya untuk melakukan suatu kegiatan atau mengubah perilaku mereka? "Kemampuan untuk membujuk penting dalam memulai usaha karena Anda selalu menjual. Misalnya, untuk meyakinkan teman untuk mengizinkan kamu berbagi ruang kantor, agar vendor mau menjual produk mereka secara konsinyasi, dan, tentu saja, membuat pelanggan membeli produk atau layananmu," Nemko menjelaskan dalam artikelnya di psychologytoday.com (21/1).

6. Apakah kamu memiliki penilaian yang baik untuk membeli dengan harga murah? Pelaku bisnis yang sukses cenderung pintar mencari di tempat-tempat yang tidak biasa. Misalnya, jika kamu ingin membeli furnitur untuk kantor psikoterapi, daripada hanya mencari di Google "perabot kantor grosir", kamu dapat melihat palet dan muatan truk di liquidation.com atau situs Administrasi Layanan Pemerintah, yang melakukan beragam lelang.

7. Dapatkah kamu membayangkan dirimu mencurahkan banyak upaya untuk pemasaran dan penjualan, setidaknya sampai bisnis berjalan cukup baik?

8. Dibandingkan dengan pekerjaan yang saat ini kamu miliki atau kemungkinan besar akan kamu miliki jika kamu berusaha keras untuk menemukan posisi yang baik, seberapa besar kemungkinanmu akan lebih bahagia menjadi pengusaha?

Kamu tidak perlu menjadi sales dalam berbisnis. (Foto: 123RF/serezniy)

Ketika kamu dengan jujur merenungkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, apakah membawa kesimpulan kalau kamu lebih cocok bekerja dengan orang lain? Tentu saja kesimpulan itu tidak apa-apa. Kebanyakan orang memang memilih menjadi karyawan.

Namun, jika kamu berpikir harus mencoba usaha sendiri, melakukan apa? Dan apakah kamu perlu berjanji pada diri sendiri akan melakukan X atau Y untuk memaksimalkan peluang sukses?

Jika berhasil menjadi pengusaha, kamu berpotensi menghasilkan lebih banyak uang dengan melakukan apa yang ingin kamu lakukan sambil memiliki kontrol lebih besar atas kehidupan kerja daripada sebagai karyawan. Pikirkan prospek menarik itu, dan kenali batasan serta kemampuan diri sebelum mengambil keputusan yang mengubah hidupmu. (aru)

Baca juga:

Bisnis Tetap Berkembang di Tengah Wabah COVID-19, Begini Kiatnya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tak Melulu Soal Cinta, Indonesia Juga Punya Film Bagus Bertema Kuliner
ShowBiz
Tak Melulu Soal Cinta, Indonesia Juga Punya Film Bagus Bertema Kuliner

Jalan cerita menarik didukung dengan visualisasi makanan yang menggugah selera, menjadi salah satu daya tarik dari film-film ini.

Shropshire, Kota di Inggris yang Menginspirasi Olimpiade
Fun
Shropshire, Kota di Inggris yang Menginspirasi Olimpiade

Yang tadinya hanya untuk kegiatan lokal kemudian mendunia.

Persembahan Sepenuh Hati Enzy Storia di Single 'Setengah Hati'
ShowBiz
Persembahan Sepenuh Hati Enzy Storia di Single 'Setengah Hati'

Batu pijakan bagi Enzy Storia di industri musik.

Kapasitas Game Fortnite di PC Dipangkas Jadi Kurang dari 30GB
Fun
Kapasitas Game Fortnite di PC Dipangkas Jadi Kurang dari 30GB

Penyimpanan game Fortnite di PC tidak lagi mencapai 90GB.

Apa Arti Refurbished? Perhatikan Informasi ini Sebelum Membelinya
Fun
Apa Arti Refurbished? Perhatikan Informasi ini Sebelum Membelinya

Penting untuk memperhatikan garansinya terlebih dahulu.

Kerennya Tampilan Nike Air Jordan 35 Dynasties Edisi Kota Terlarang Beijing
Fashion
Kerennya Tampilan Nike Air Jordan 35 Dynasties Edisi Kota Terlarang Beijing

Mewakili model arsitektur bangunan Kota Terlarang yang tergambar dalam ciri warna dan tampilan Air Jordan 35 Dynasties.

Tampilan Unik Sneaker'Cyberpunk 2077' x adidas For Futuristic X9000L4
Fun
Tampilan Unik Sneaker'Cyberpunk 2077' x adidas For Futuristic X9000L4

Ketika game Cyberpunk 2077 berkolaborasi dengan adidas.

D’Cinnamons Rilis Album baru ‘Home’ di Januari 2021
ShowBiz
D’Cinnamons Rilis Album baru ‘Home’ di Januari 2021

Jika bentuk audio dapat mengembara tanpa batas, maka rilisan fisik menyediakan rumah.

Burj Al Babas, Kota Hantu dengan Ribuan Kastil 'Negeri Dongeng'
Fun